Cek Kepatuhan Prokes, Sekda Pemalang Sidak Pasar

Selasa 02-02-2021,20:53 WIB

Sekda Kabupaten Pemalang Mohammad Arifin menyambangi pusat perbelanjaan di pasar modern maupun tradisional untuk mengecek langsung kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Sekda bersama Forkopimda mengawali pantauannya ke pasar tradisional di wilayah perkotaan Kecamatan Pemalang.

"Kalau kita tidak turun langsung kita tidak tahu sudah sejauhmana sebenarnya ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan," ujar Arifin, Selasa (2/2) siang. 

Dari hasil monitoring tersebut, menurutnya, ditemukan fakta yang bervariatif. Beberapa ada yang mengenakan masker, ada pula yang masih abai. Para pedagang maupun pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker saat itu pun langsung ditegur.

"Sosialisasi dan imbauan-imbauan terkait prokes sering kita lakukan, tapi kalau tidak diindahkan suatu saat jika perlu kita terapkan denda," katanya.

Untuk itu, pihaknya kembali meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Pengetatan itu juga dilakukan mengingat saat ini musim penghujan.

"Petunjuk dari para dokter, musim hujan penyebaran Covid-19 semakin kuat dibandingkan musim panas, untuk itu kita tegas," imbuhnya.

Selain menyambangi pusat perbelanjaan, rombongan Satgas Covid-19 Pemalang saat itu juga meninjau ruang publik lainnya seperti alun-alun.

Diketahui sampai Selasa (2/2), jumlah positif Covid-19 di Pemalang mencapai 3359 kasus. Rincianya 421 pasien masih dirawat, 2749 sembuh, dan 189 pasien meninggal dunia. (sul/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait