Latihan Pernapasan Sederhana Bisa Kurangi Stres

Sabtu 29-08-2020,07:00 WIB

Sering mengalami stres, membuat fungsi tubuh menurun. Lakukan latihan pernapasan sederhana untuk mengurangi stres.

Cara terbaik adalah dengan melakukan latihan napas. Bisa dilakukan di rumah. Yakni dengan bernapas melalui hidung secara dalam-dalam dan kemudian mengembuskannya melalui mulut.

Teknik pernapasan ini membantu tubuh menghasilkan lebih banyak molekul gas yang disebut nitric oxide, yang dibutuhkan arteri untuk mengatur fungsi kardiovaskular tubuh.

"Sering mengatur pernapasan merupakan langkah mengontrol kekuatan hidup. Selain menurunkan efek stres pada tubuh, latihan pernapasan juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan," ujar Instruktur Yoga, Andi Herawati M, Jumat (28/8).

Ia menambahkan, latihan pernapasan sangat bangus untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur. Langkah-langkah yang bisa dilakukan lihat grafis.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, RSUP Wahidin Sudirohusodo, dr Nilla Mayasari SpKFR MKes menegaskan, rutin melakukan olah pernapasan meski di rumah, sangat baik dalam merelaksasi otot. "Terutama dalam menghilangkan kecemasan," jelasnya.

Ia juga menyarankan beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mengatur pola pernapasan secara rutin. (sal/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait