Bedah Cara Kerja Teknologi eSP+ di Honda PCX 160, Irittnya Kebangetan Bikin Hemat Pengeluaran

Bedah Cara Kerja Teknologi eSP+ di Honda PCX 160, Irittnya Kebangetan Bikin Hemat Pengeluaran

MESIN HONDA - Teknologi eSP+ di Honda PCX 160 benar-benar membawa perubahan signifikan dalam performa dan efisiensi motor ini. -(Foto: Iwan Banaran)-

radartegal.com - Apa itu teknologi eSP+ di Honda PCX 160? Honda selalu menghadirkan inovasi terbaru di dunia otomotif, terutama untuk motor skutik premium seperti Honda PCX 160. 

Dengan hadirnya teknologi Enhanced Smart Power Plus (eSP+), Honda membawa perubahan besar yang memberikan pengendaraan lebih efisien, bertenaga, serta ramah lingkungan. 

Teknologi eSP+ di Honda PCX 160 ini bukan sekadar pembaruan biasa, tapi merupakan evolusi yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan performa optimal dalam setiap perjalanan. 

Mari kita bahas lebih dalam bagaimana cara kerja teknologi eSP+ di Honda PCX 160 ini. Simak penjelasan berikut ini yang kami kutip dari powersport.honda.com dan gridoto.com.

BACA JUGA: 6 Pertimbangan Penting Sebelum Beli Honda PCX 160 Bagi Pemula, Sepele tapi Bisa Bikin Nyesel

BACA JUGA: 8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Perawatan Honda PCX 160

Cara kerja teknologi eSP+ di Honda PCX 160

1. Sistem Empat Katup dan Rasio Kompresi Tinggi

Salah satu kunci utama dari peningkatan performa PCX 160 terletak pada penggunaan sistem empat katup dan rasio kompresi tinggi.

Jika sebelumnya banyak motor skutik masih menggunakan dua katup, Honda memilih langkah maju dengan menggunakan empat katup pada mesinnya. Ada dua katup untuk inlet (udara masuk) dan dua katup untuk outlet (gas buang).

Dengan sistem empat katup ini, aliran udara menuju ruang bakar menjadi jauh lebih presisi. Kontrol udara yang lebih tepat ini memungkinkan proses pembakaran yang lebih sempurna, sehingga tidak hanya menghasilkan tenaga lebih besar, tapi juga membuat mesin lebih irit bahan bakar.

Rasio kompresi mesin pada Honda PCX 160 juga ditingkatkan menjadi 12:1. Rasio kompresi yang lebih tinggi memungkinkan udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar terkompresi lebih rapat.

BACA JUGA: Lebih Murah dari ADV dan PCX, Segini Harga Honda ADX125 2025 Terbaru

BACA JUGA: Konsumsi Bahan Bakar Honda PCX 160 Capai 42 KM per Liter, Ini Sederet Faktor yang Pengaruhi Efisiensinya

Hasilnya? Pembakaran yang terjadi di dalam mesin lebih kuat dan menghasilkan daya output yang lebih besar tanpa harus menambah konsumsi bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: