8 Tips Ampuh Menghindari Jeratan Pinjol Ilegal 2024, Jangan Tertipu Tenor Tinggi dan Bunga Rendah

8 Tips Ampuh Menghindari Jeratan Pinjol Ilegal 2024, Jangan Tertipu Tenor Tinggi dan Bunga Rendah

tips ampuh menghindari jeratan pinjol ilegal--

radartegal.id - Tips ampuh menghindari jeratan pinjol Ilegal 2024 bisa kamu lakukan dengan berbagai cara yang telah kami berikan. Tips ini sangat berguna agar tidak terjebak pinjol abal-abal yang merugikan.

Biasanya DC akan selalu mengintai rumah kalian, jika setoran Anda menunggak dan akan datang ke rumah setiap harinya. Maka tips ampuh menghindari jeratan pinjol ilegal 2024, bisa sangat membantu sebelum Anda terjebak.

Pasalnya pinjol ilegal 2024 menurut OJK dan Kominfo tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah, dengan itu kalian tidak perlu membayarnya atau galbay saja. Hindari juga jeratan yang bermoduskan limit tinggi dan tenor panjang.

Berikut tips ampuh menghindari jeratan pinjol ilegal 2024, waspadai jika kalian baru meminjam di platform yang tidak resmi. Gunakan cara ini agar dapat menghindari penipuan. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Ciri-ciri dan Cara Menghindari Pinjol ILegal, Antisipasi Galbay dan Teror DC Lapangan

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Berikut Ini Cara Menghindari Pinjol Ilegal Agar Lebih Aman dan Terjaga Finansial Anda

Tips ampuh menghindari jeratan pinjol ilegal 2024

1. Pahami analisis pinjaman

Tips yang pertama, masyarakat perlu menganalisa proses bisnis pinjol tersebut secara logis. Proses pencairan dana yang terlalu cepat justru mencurigakan. Kemudian, harus memastikan pinjol tersebut menerapkan besaran bunga pinjaman yang masuk akal. 

2. Hindari dari FOMO

Langkah kedua yang harus dilakukan khususnya Gen X dan Z yang baru pertama kali ingin mencoba pinjol, agar memiliki keuangan yang sehat adalah dengan melepaskan diri dari FOMO. Hindari mengambil keputusan keuangan karena ikut-ikutan, baik dalam hal pengeluaran maupun investasi. 

3. Dahulukan kebutuhan hidup 

Kemudian, hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk tips ampuh menghindari pinjol ilegal adalah membuat daftar skala prioritas keuangan dengan mendahulukan kebutuhan hidup daripada keinginan agar terhindar dari masalah ekonomi.

Sumber: