Calon Jamaah Haji Jatinegara Tegal Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Calon Jamaah Haji Jatinegara Tegal Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sejumlah calon jamaah haji menjalani tes kebugaran jasmani di Puskesmas Jatinegara, Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

JATINEGARA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Calon jamaah haji di Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran jasmani, Jumat 17 Maret 2023. Tes ini dipusatkan di Puskesmas Jatinegara.

Penanggung Jawab Calon Jamaah Haji Puskesmas Jatinegara, Tukhamim mengatakan, tahun 2023 ini, jumlah calon jamaah haji yang berasal dari Kecamatan Jatinegara sebanyak 28 orang. 

Sebelum menjalani ibadah haji di tanah suci, mereka menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran jasmani

Tukhamim menyebut, test kebugaran dibagi menjadi dua kategori. Yakni usia di bawah 60 tahun dan di atasnya. Khusus untuk usia di bawah 60 tahun, mereka mengikuti test kebugaran dengan cara Rockport atau lari kecil sejauh 1,6 kilometer. Kemudian bagi peserta yang usianya di atas 60 tahun, menggunakan metode jalan 6 menit.

BACA JUGA:Antisipasi Tawuran antar Pelajar, Satlantas Polres Tegal Gencarkan Patroli Jelang Pulang Sekolah

Dia menjelaskan, tes kebugaran jasmani ini tujuannya untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru individu berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur.

"Untuk penentuan hasil, dibagi menjadi 4, yaitu baik sekali, baik, cukup dan kurang," kata Tukhamim.

Dia mengemukakan, tes kebugaran itu juga sebagai upaya untuk mengetahui kesehatan calon jamaah haji. Setelah diketahui kondisi kesehatannya, pihaknya akan memberikan rekomendasi yang sesuai untuk masing-masing calon haji.

Jika ada yang sakit, akan segera dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan, sehingga ketika berangkat ke Tanah Suci, semuanya sudah sehat dan bisa mengikuti kegiatan ibadah dengan optimal.

BACA JUGA:Latih Kemandirian Siswa, SD Tembok Luwung 4 Kabupaten Tegal Gelar Perjusa

"Kita harapkan ke depan kesehatan calon jamaah haji kita baik-baik saja. Mereka kami berikan penyuluhan agar ke depan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dengan tetap berolahraga minimal berjalan kaki," ujarnya.

Sementara, Subur (53) salah satu calon Jamaah haji asal Desa Sitail Kecamatan Jatinegara mengaku telah mengikuti tes kebugaran jasmani itu dengan baik.

"Alhamdulillah tahun ini saya bisa berangkat menunaikan ibadah haji, saya mendaftar bersama istri sejak tahun 2011," tukasnya. *

Sumber: