Haul ke 34 Mbah Hisyam Kakek Mertua Ganjar, Gus Ulil Beberkan Hal Penting Ini

Haul ke 34 Mbah Hisyam Kakek Mertua Ganjar, Gus Ulil Beberkan Hal Penting Ini

Haul ke 34 Mbah Hisyam Kakek Mertua Ganjar, Gus Ulil Beberkan Hal Penting Ini.--

PURBALINGGA, RADARTEGAL.COM - KH Hisyam Abdul Karim atau lebih dikenal Mbah Hisyam mungkin bukan sosok ulama mentereng. Namun sejarah mencatat, Kakek Mertua Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu turut andil dari warga Nahdhliyin di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Mendirikan Pondok Pesantren Roudlotus Sukawarah Sholichin Sholichat pada tahun 1929, Mbah Hisyam tak sekadar dakwah namun menjadikan tempat pengaderan para pejuang. 

Selain mengaji, sebagian dari santri juga dibekali ilmu-ilmu lain seperti baris-berbaris, belajar huruf morse, dan juga belajar pertolongan pertama dalam kecelakaan.

Ulil Abshar Abdala atau Gus Ulil mengatakan, ketokohan Mbah Hisyam inilah yang harus diteladani. Jawa Tengah menurutnya beruntung memiliki kiai seperti Mbah Hisyam.

BACA JUGA:Intip Gaya Ganjar dan Keluarga Nonton Konser Deep Purple di Solo

“Mbah Hisyam ini kiai sepuh di kawasan Banyumas, pondoknya berdiri tahun 1929, tiga tahun setelah NU berdiri. Kiai yang luarbiasa dedikasinya kepada ilmu, pada tradisi pesantren dan karena orang-orang seperti ini Indonesia bisa menjadi negara seperti ini,” kata Ulil usai mengisi acara haul.

Putra Menantu dari KH Mustofa Bisri atau Gus Mus itu menyebut, sosok kiai yang memungkinkan terwujudnya negara Indonesia. Mbah Hisyam, kata Ulil, adalah orang-orang tersembunyi.

“Kalau nggak ada orang-orang seperti ini, yang ikhlas, yang bekerja untuk mendidik ummat tanpa mengharap sedikit pun balasan dari siapa pun, itulah yang membuat negara kita seperti ini,” tuturnya.

Haul ini, lanjut Ulil, penting dilakukan untuk memberikan penghormatan bagi Mbah Hisyam karena jasa mereka jarang disebut.

BACA JUGA:Mimpi Ganjar Hadirkan Deep Purple di Jawa Tengah Terwujud

“Ini lah yang namanya KH Hisyam bin Abdul Karim yang di-hauli hari ini ke 34 di Desa Kalijaran Purbalingga dan saya senang sekali mewakili PBNU hadir hari ini untuk menghadiri haul beliau semoga ya tabarrukan, ngalap berkah, atau meminta berkah kepada orang-orang soleh seperti ini,” ucapnya.

Gubernur Ganjar Pranowo berhalangan hadir karena dalam waktu bersamaan harus menghadiri kegiatan lainnya di Yogyakarta. Usai acara dan ziarah makam, Ulil yang ditemani sang istri Lenas Tsuroya menerima telpon dari Ganjar.

Tampak di layar handphone, Ganjar bersama istri Siti Atikoh sedang berada dalam perjalanan. Keduanya menyampaikan maaf karena tak bisa hadir dalam haul.

BACA JUGA:Dampingi Jokowi Resmikan Sentra Penggilingan Padi Sragen, Ganjar: Kita Butuh Lebih Banyak Lagi

Sumber: