Gelar Apel Ikan Selayar, Kapolres Tegal: Mari Sadar akan Pentingnya Keselamatan Berlayar

Gelar Apel Ikan Selayar, Kapolres Tegal: Mari Sadar akan Pentingnya Keselamatan Berlayar

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menyematkan secara simbolis pelampung pada saat Apel Ikan Selayar.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Polres Tegal menggelar Apel Ikan Selayar  (Ikut Andil Keselamatan Berlayar) di Wisata Waduk Cacaban. 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menyatakan Program Ikan Selayar (Ikut Andil Keselamatan Berlayar) merupakan salah satu program kegiatan Polda Jateng yang terbentuk karena rasa keprihatinan atas terjadinya musibah kecelakaan laut atau air yang terjadi di wilayah Jajaran Polda Jateng. 

"Saat ini Polda Jateng sedang melaksanakan Progam Ikan Selayar Polda Jateng, yang dilaksanakan secara serentak di 35 Polres Jajaran. Progam Ikan Selayar Polda Jateng adalah kepanjangan dari Ikut Andil Keselamatan Berlayar, yang merupakan progam unggulan Ditpolairud Polda Jateng," ujarnya Rabu 8 Maret 2023. 

BACA JUGA:Bawa Kabur Cewek ABG, Warga Desa Pacul Kabupaten Tegal Diringkus Polisi

Ditegaskan bahwa faktor penyebab dari kejadian laka laut atau air adalah karena kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan di saat beraktifitas di perairan.

"Guna mencegah dan meminimalisir kejadian laka laut atau air di Obyek Wisata Waduk atau Bendungan, maka perlu dilakukan langkah-langkah nyata yaitu dengan memberikan edukasi kepada pengguna maupun pelaku usaha wisata untuk senantiasa memperhatikan dan mengutamakan keselamatan diri pada saat naik perahu dengan menggunakan Life Jacket," cetusnya. 

Dalam kesempatan ini pihaknya mengajak dan saling mengingatkan selururh lapisan masyarakat untuk bersama-sama sadar akan pentingnya keselamatan berlayar. 

BACA JUGA:Gema Perangi Narkoba, BNN Kota Tegal Gandeng Seluruh Instansi Pemerintah

Peserta apel kali ini melibatkan kesatuan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Kedung Banteng,  pasukan Basarnas,  BPBD Kabupaten Tegal, Relawan SAR arnavat Satpolairud Polres Tegal, Relawan SAR OW kolam renang Sosro Purwahamba Suradadi, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). *

Sumber: