Bina Keluarga Balita Genjot Perluasan Penurunan Stunting di Brebes

Bina Keluarga Balita Genjot Perluasan Penurunan Stunting di Brebes

DP3KB Brebes membentuk Program BKB di Aula Desa Ciampel Kecamatan Kersana belum lama ini.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.COM - Pembentukan Kelompok Bina Keluarga Balita, terus diperluas pada 17 kecamatan di Kabupaten Brebes. Komitmen itu, dibuktikan dengan pendampingan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes. 

Fokusnya, menggelar roadshow pembentukan kelompok Bina Keluarga Balita.

Kepala DP3KB Brebes Akhmad Ma'mun menjelaskan, perluasan rintisan pembentukan kelompok BKB melibatkan semua unsur dan stakeholder terkait. 

Yakni, penyuluh KB, Kader Tim Penggerak PKK, hingga kader posyandu. Tujuannya, membina para ibu dan keluarga agar bisa memahami tentang pola asuh yang baik.

BACA JUGA:RTLH Milik Warga Sewaka Nyaris Ambruk, Baznas Pemalang Gerak Cepat Gelontorkan Bantuan

"Sebab, salah satu penyebab stunting karena pola asuh yang salah atau kurang tepat. Sehingga, BKB harapannya bisa meningkatkan edukasi bagi masyarakat," terangnya.

Digencarkannya program BKB, lanjut Ma'mun, harapannya mempercepat penurunan stunting. Terlebih, rintisan pembentukan BKB meliputi pengisian formulir, teknis menjadi konselor hingga program edukasi pola asuh. 

Semuanya, harus sampai ke masyarakat dan keluarga sebagai langkah konkret penurunan stunting.

Sementara itu, Kabid KB KKK Sopuroh didampingi Subkor KKK Asfiyah Hidayati menambahkan, berdasarkan hasil pemetaan rintisan Kelompok BKB yang sudah terbentuk. 

BACA JUGA:Talud SD Negeri 1 Traju Longsor, PMI Kabupaten Tegal Cepat Salurkan Bantuan

Tersebar di sejumlah kecamatan, meliputi Kersana, Banjarharjo, Ketanggungan, Tonjong dan Sirampog.

"Hasil evaluasi permasalahan stunting, hulunya ada pada pemahaman keluarga dalam pola asuh. Termasuk, kebutuhan nutrisi dan konsumsi bergizi bagi balita. Sehingga, BKB harapannya bisa memaksimalkan edukasi," pungkasnya. *

Sumber: