15 Emak-emak Pelaku Usaha di Tegal Diberdayakan Melalui Program KUMM

15 Emak-emak Pelaku Usaha di Tegal Diberdayakan Melalui Program KUMM

Emak-emak pelaku usaha di Tegal digembleng pengembangan usaha--

TEGAL, radartegal.com - Sebuah inisiatif untuk memberdayakan emak-emak pelaku usaha di Tegal diinisiasi Human Initiative berkolaborasi dengan Genpro Kota Tegal. Itu, dilakukan dengan meluncurkan Program Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM).

Tujuan program itu sendiri yakni untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menjalankan usaha mikro yang mereka geluti saat ini. Adapun sasarannya, yakni sebanyak 15 orang ibu rumah tangga yang ada di Kota Tegal.

Sebagai langkah awal, 15 orang penerima manfaat mendapat bantuan modal usaha untuk memulai atau mengembangkan usaha yang dimiliki. Selain itu, mereka juga diberikan motivasi bisnis untuk memperkuat motivasi dan keyakinan para peserta agar mampu menghadapi tantangan dalam mengelola usaha.

Perwakilan Human Initiative Aan dalam sambutannya mengatakan melalui program itu, harapannya akan mampu meningkatkan kemandirian ekonomi bagi para ibu rumah tangga. Dengan memberikan modal dan pelatihan yang tepat, pihaknya ingin memberdayakan perempuan.

BACA JUGA: 50 Pelaku Usaha Katering dan 25 Usaha Pemotongan Hewan Dikumpulkan DKPPP Kota Tegal Demi Hal Ini

BACA JUGA: Kenaikan Tarif Guci Tegal Diprotes Keras, 1000 Pelaku Usaha Demo di Depan Kantor Pemda

"Tujuannya, agar mereka mampu mandiri secara ekonomi. Serta membawa perubahan positif dalam keluarga mereka,” katanya.

Ketua Genpro Kota Tegal Faris pada kesempatan itu, menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi ini. Menurutnya, program itu merupakan wujud nyata sinergi antara berbagai pihak untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. 

"Kami optimis dengan usaha yang terus berkelanjutan, para peserta dapat berkembang menjadi wirausaha sukses,” ujarnya.

Kabid Koperasi dan UMKM, Dinkop UMKM, dan Perdagangan Kota Tegal Yulia Koperasi dan UMKM juga menyampaikan apresiasi kepada Human Initiative. Karena telah memilih Kota Tegal sebagai lokasi program dan mendukung program KUMM ini yang selaras dengan tujuan pemerintah. 

BACA JUGA: Jadi Strategi Jitu Promosi, Kemenparekraf dan Komisi X Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Media Sosial

BACA JUGA: Izin Belum Lengkap, Pemkab Sentil Pelaku Usaha di Kabupaten Tegal

“Semoga kedepannya tidak hanya Srikandi yang menjadi penerima manfaat. Serta ada penambahan kuota untuk penerima manfaat sehingga dampak program semakin luas” harapnya.

Untuk diketahui, Program KUMM di Kota Tegal akan berjalan selama enam bulan. Dengan berbagai kegiatan berupa bantuan modal usaha, mentoring bisnis, dan pendampingan usaha yang melibatkan ekspertis di bidang UMKM. 

Sumber: