Popda Brebes 2024 Pertandingkan 16 Cabor

Popda Brebes 2024 Pertandingkan 16 Cabor

Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dindikpora setempat menggelar Opening Ceremony Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Expo Kepemudaan Kabupaten Brebes Tahun 2024.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Expo Kepemudaan Kabupaten Brebes 2024 resmi dimulai, Rabu 2 Oktober 2024. Pembukaan dilakukan Pj Bupati Brebes, Djoko Gunawan di Halaman Gelanggang Olahraga (GOR) Sasana Krida Adhikarsa.

Ajang tahunan itu diikuti okeh sejumlah atlet olahraga tingkat kabupaten dari tiap-tiap perwakilan kecamatan. Pertarungan olahraga bergengsi tingkat Kabupaten Brebes ini, sebagai bukti semangat dan ikhtiar menunjukkan bakat dan potensi di bidang olahraga. 

 

Pj Bupati Djoko menyebutkan bisa saja lewat popda ini mampu membawa harum nama Kabupaten Brebes. Tetapi juga, beber Djoko, membela merah putih bila sampai ke kompetisi olahraga tingkat dunia.

 

BACA JUGA: Atlet dan Pelatih Peraih Medali Porprov Jateng 2023 Terima Bonus dari Pemkab Brebes

 

BACA JUGA: Tahun Ini, Pemkab Brebes Salurkan 871 Bantuan Jambanisasi

 

Komintemen Pemkab Brebes

 

Djoko mengapresiasi antusiasme para pelajar yang mengikuti popda kali ini. Menurutnya digelarnya popda menjadi tindak lanjut pembinaan dan pelatihan olahraga pelajar yang ada di Kabupaten Brebes. 

 

"Ini merupakan komitmen Pemkab Brebes untuk mengkoordinasikan pembinaan dan pengembangan keolahragaan di daerah, dalam rangka mewujudkan tujuan olahraga secara nasional," ujarnya. 

 

Djoko percaya seluruh kontingen telah mempersiapkan atlet pelajarnya dengan maksimal. Sehingga, menurutnya, akan terbina bibit atlet terbaik yang nantinya dapat berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi lagi.

 

Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Caridah mengatakan Popda Brebes 2024 sebagai wadah pembinaan atlet-atlet pelajar di Kabupaten Brebes. Selain itu juga menghasilkan calon-calon atlet berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional. 

 

BACA JUGA: Cara Pemkab Brebes Gempur Peredaran Rokok Ilegal, Ajak Anak Muda Pahami Bahaya dan Kerugiannya

 

BACA JUGA: Keren! Ikut Virtual ASN Run 2024, Tim Pemkab Brebes Juara ke-26 dari 550 se-Indonesia

 

POPDA dan Expo Kepemudaan Brebes

 

Sedangkan expo kepemudaan, beber Caridah, yaitu sebagai ajang para pelajar, mahasiswa, serta pemuda untuk menampilkan dan mempromosikan produknya. Sekaligus pertukaran ide dan kreativitas bisnis, tempat menimba ilmu dari usahawan muda yang sukses, dan wadah memperlebar jaringan usaha. 

 

Caridah memaparkan Popda Brebes digelar mulai 1-5 Oktober 2024 mendatang. Pesertanya terdiri dari siswa SD/MI sebanyak 986 atlet, SMP/MTs 1.027 atlet, SMA/SKM/MA 997 atlet. 

 

Sementara itu peserta expo kepemudaan adalah pelajar SMA/SMK, mahasiswa dan UMKM kepemudaan yang memamerkan produknya di Kabupaten Brebes, UMKM pemuda, bursa lowongan kerja dan informasi perguruan tinggi.

 

“Total medali yang akan diperebutkan sebanyak 899 medali untuk kategori perorangan, dan 68 piala atau trhopy untuk kategori beregu,” jelasnya lagi.

 

BACA JUGA: Optimalkan Layanan Digital, Pemkab Brebes Kenalkan E-Katalog Versi 6

 

BACA JUGA: Jadi Terbaik di Jateng, Dua Aset Pemkab Brebes Diserahkan ke Perumda Tirta Baribis

 

POPDA Brebes 2024 ini mempertandingkan 16 cabor, mulai dari sepak bola mini hingga tenis meja. Semua cabor akan dipertandingkan di Sport Center Kabupaten Brebes atau Kompleks GOR Sasana Krida Adhikarsa Brebes.

Sumber: