Diaspal dan Dirabat Beton, Jalan Desa Padaharja di Tegal Tak Kumuh Lagi

Diaspal dan Dirabat Beton, Jalan Desa Padaharja di Tegal Tak Kumuh Lagi

DISERAHKAN - Pimpinan Cabang BRI Tegal, Mochamad Arief Raharjo (kanan) saat menyerahkan bantuan CSR untuk pengaspalan dan rabat beton jalan Desa Padaharja kepada Kepala Desa Padaharja, Firman Maulana Hidayatullah.--

KRAMAT, radartegal.com - Jalan Desa Padaharja Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal sepanjang 500 meter tak lagi kumuh. Hal itu setelah dilakukan pengaspalan dan rabat beton, Senin 23 September 2024.

Pengaspalan dan rabat beton itu bersumber dari bantuan corporate social responsibility atau CSR BRI Cabang Tegal Rp250 juta. Rinciannya, pengaspalan jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter dianggarkan Rp100 juta.

Sedangkan rabat beton sepanjang 200 meter dengan lebar 1,7 meter dialokasikan Rp150 juta. Saat ini proses pengaspalan jalan yang menghubungkan Dukuh Padamurah dan Kedondong sudah selesai.

Sementara itu, rabat beton yang menghubungkan akses wara di RT 4 dan RT 5 RW 1 masig berlangsung. Ditargetkan, kedua pengerjaan rehabiliatasi jalan Desa Padaharja itu, akan rampung pada pekan ini.

BACA JUGA: Anggaran Dana Desa Tak Mencukupi, Jalan Desa di Kabupaten Tegal Diperbaiki Tentara

BACA JUGA: Diguyur Hujan Deras, Talud yang Baru Dibangun Longsor dan Jalan Desa di Kabupaten Tegal

Awalnya Rusak dan becek

Kepada Desa Padaharja, Firman Maulana Hidayatullah SPdI mengatakan, dipilihnya dua akses jalan itu, karena kondisinya yang rusak parah. Bahkan akses jalan yang dirabat beton, masih berupa tanah.

Diungkapkan Firman, jalan Desa Padaharja sepanjang 300 meter yang diaspal lagi, kondisi sudah rusak parah. Akses warga yang menghubungkan antara dua pedukuhan itu, lapisan aspal lamanya sudah banyak yang terkelupas dan berlubang.

Begitupun dengan kondisi jalan tanah di RT 4 dan RT 5 RW 1. Menurut Kades, jika musim penghujan tiba, akses jalan tanah tersebut sangat berbahaya dan sulit dilewati, karena becek dan licin.

"Alhamdulillah pengajuan CSR ini sangat meringankan beban Pemdes Padaharja. Karena itu atas nama warga, saya sangat berterima kasih kepada Pak Arif dari BRI cabang Tegal," katanya.

BACA JUGA: Sungai Rambut Meluap, Sawah dan Jalan Desa Banjaragung Kabupaten Tegal Banjir

BACA JUGA: Desa di Tegal Diterjang Banjir Bandang, Jalan Desa Tertutup Lumpur Tebal

Firman berharap dukungan dari salah satu BUMN Perbankan Himbara itu, terus dilakukan untuk membantu pembangunan sarana dan infrastruktur lain di desanya. Dia juga meminta warga untuk menjaga dan memelihara jalan desa yang sudah diaspal dan dirabat beton.  

Sumber: