6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

NGERI - Sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet menyimpan misteri mitos yang mengerikan bagi sebagian warga dan masyarakat di sekitarnya.--ceritaken

Mitos ini adalah salah satu yang paling populer mengenai Gunung Slamet. Kabarnya, ada gerbang masuk menuju dunia gaib yang terdapat di jalur bambangan. 

Salah satu jalur di antara jalur lainnya yang paling pendek. Jalur ini kabarnya melewati tempat yang paling sakral dan mistis. 

Pendaki akan menemukan jejeran dua pohon besar. Di antara kedua pohon inilah yang diduga gerbang masuk ke kerajaan gaib di gunung ini.

3. Penampakkan Manusia Kerdil

Mitos yang ketiga adalah mengenai keberadaan makhluk kerdil. Konon, manusia kerdil tersebut merupakan orang yang dahulu pernah tersesat di kawasan gunung.

BACA JUGA: Mitos Gunung Slamet Ramalan Jayabaya, Benarkah Pulau Jawa akan Terbelah Menjadi 2?

BACA JUGA: 6 Mitos Gunung Slamet, Ada Apa dengan Namanya?

 

Cerita yang banyak berkembang di kalangan pendaki, jika ada pendaki yang kehilangan makanan, bisa jadi itu karena ada manusia kerdil yang mengambilnya.

Makhluk ini kabarnya hidup seperti hewan di hutan di daerah gunung.

4. Keberadaan Puncak Surono 

Puncak Surono adalah nama dari puncak Gunung Slamet. Mitosnya dahulu ada seorang pendaki bernama Surono yang meninggal, karena terpeleset ke jurang.

Nama Surono pun menjadi nama bagi puncak gunung ini sebagai tanda penghormatan. Meskipun tidak bisa secara pasti diketahui, kebanyakan pendaki mempercayai cerita ini. 

BACA JUGA: Statusnya Naik Waspada, Berikut 4 Mitos Gunung Slamet yang Orang Jawa Harus Tahu

BACA JUGA: Mitos Gunung Slamet yang Bikin Bulu Kuduk Merinding, Mulai dari Tempat Para Dewa hingga Ramalan Jayabaya

Sumber: