Tari Topeng Endel Tegal, Budaya Warisan yang Patut Dilestarikan

Tari Topeng Endel Tegal, Budaya Warisan yang Patut Dilestarikan

Tarian Topeng Endel Khas Tegal--

radartegal.id- Tegal mempunyai warisan budaya kesenian yang menawan dan penuh keberanian. Tarian Topeng Endel itu menjadi tarian khas Tegal, tarian tersebut juga digunakan untuk menerima tamu pada acara tertentu.

Tarian Topeng Endel ini tak hanya indah tetapi juga mempunyai makna yang mencerminkan keberanian seorang wanita. Tarian ini mengekspereskan diri dan menunjukan kecantikanya.

Topeng yang dikenakan penari melambangkan perempuan jelita. Dengan riasan wajah yang sangat anggun mempunyai paras menawan yang akan memikat siapapun yang memandangnya.

Tarian Topeng Endel ini masih berkembang dan dipelihara oleh masyarakat Tegal dan merupakan kekayaan budaya Indonesia yang patut dilestarikan. Berikut ulasan kami mengenai Tarian Topeng Endel khas Tegal, harap simak baik-baik artikel berikut ini hingga akhir ya.

BACA JUGA: Asal Usul Tari Topeng Endel Tegal, Pesona Warisan Budaya Sakral yang Mengagumkan

BACA JUGA: Sejarah Tari Topeng Endel Tegal, Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit sebagai Simbol Penobatan Raja

Sejarah Tarian Topeng Endel

Tarian Topeng Endel ini sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Konon, pada saat zaman tersebut seniman lokal mengamen keliling untuk mendapatkan imbalan padi.

Namun daerah yang berada di bawah kekuasaan Majapahit harus mengirimkan perwakilan untuk menampilkan tari-tarian. Seiring berjalannya waktu tarian ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tegal.

Dengan menggunakan gerakan yang lincah dan luwes, para penari Topeng Endel ini memutarkan tubuhnya mengikuti irama musik gamelan. Mempunyai kostum yang terbuat dari kebaya dan kain batik serta selendang yang sangat melambangkan budaya jawa.

Digunakan dalam upacara sakral

Tarian Topeng Endel digunakan dalam upacara sakral, pertunjukan Tari Topeng Endel wajib di tarikan setiap tahunya pada pembukaan hari jadi Kota Tegal dan berfungsi untuk menyambut para tamu undangan.

BACA JUGA: Mengenal Seni Tari Topeng Endel Khas Tegal yang Kurang Mendapat Perhatian Publik

BACA JUGA: Penuh Mistis, Begini 4 Arti Mitos Tarian Barong Budaya Bali yang Belum Banyak Diketahui Orang

Sumber: