5 Mobil Rotary Engine yang Legendaris yang Mengubah Sejarah Otomotif Modern
Beberapa mobil dengan Rotary Engine yang pernah berjaya pada masanya.-(Gambar Pineterest)----
Sayangnya, NSU Ro80 mengalami beberapa masalah teknis, seperti konsumsi bahan bakar yang boros dan emisi yang tinggi. Hal ini menyebabkan NSU mengalami kesulitan keuangan dan akhirnya bangkrut pada tahun 1977.
3. Cosmo 110S (1966-1967)
Cosmo 110S adalah mobil coupe mewah yang diproduksi oleh Mazda. Mobil ini diluncurkan pada tahun 1966 dan menjadi mobil pertama yang menggunakan Rotary Engine. Cosmo 110S dibekali dengan mesin Rotary Engine 2-rotor yang menghasilkan tenaga 110 hp. Mobil ini terkenal dengan desainnya yang elegan dan performanya yang halus.
Cosmo 110S hanya diproduksi selama 2 tahun, namun mobil ini menjadi tonggak sejarah bagi Mazda dan Rotary Engine.
4. Toyota RE Amemiya FD (1993-1998)
Toyota RE Amemiya FD adalah mobil sport yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Amemiya, tuner asal Jepang.
BACA JUGA: Mobil Listrik Suzuki eVX, Usung Konsep Masa Depan yang Hadir Saat Ini
RE Amemiya FD dibekali dengan mesin Rotary Engine 13B-REW yang telah dimodifikasi oleh Amemiya. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 600 hp, dan mampu membawa RE Amemiya FD melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 3 detik. RE Amemiya FD adalah salah satu mobil Rotary Engine yang paling ekstrem dan paling dicari oleh para kolektor.
5. Suzuki RE-5 (1975-1976)
Suzuki RE-5 adalah motor sport yang diproduksi oleh Suzuki. Motor ini diluncurkan pada tahun 1975 dan menjadi motor pertama yang menggunakan Rotary Engine. RE-5 dibekali dengan mesin Rotary Engine 1-rotor yang menghasilkan tenaga 65 hp. Motor ini terkenal dengan desainnya yang sporty dan performanya yang lincah.
Sayangnya, RE-5 hanya diproduksi selama 1 tahun karena tingginya biaya produksi dan konsumsi bahan bakarnya yang boros.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: