Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal yang Bikin Kesal, Cara Mengatasinya Ternyata Mudah

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal yang Bikin Kesal, Cara Mengatasinya Ternyata Mudah

Berikut beberapa penyebab TV digital tidak ada sinyal.-(Ilustrasi Pinterest)----

Radartegal.id - Pernah nggak sih, kalian ngalamin masalah dengan TV digital yang tiba-tiba nggak ada sinyal? Pasti bikin kesal banget kan. Apalagi kalau tidak tahu penyebab TV digital tidak ada sinyal.

Agar tidak mengganggu keasyikan kita saat menonton acara penting dan favorit, kali ini kita akan bahas tuntas mengenai penyebab TV digital tidak ada sinyal. Setelah mengetahui penyebabnya, tentu kita juga akan ulas bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak sampai habis!

Cara mengetahui penyebab TV digital tidak ada sinyal

1. Cek Area Kalian, Apakah Sudah Mendukung TV Digital?

Cara mengetahui penyebab TV digital tidak ada sinyal pertama yang perlu kalian pastikan adalah apakah area tempat tinggal kalian sudah mendukung siaran TV digital. Tidak semua daerah di Indonesia sudah terjangkau oleh sinyal TV digital.

Untuk mengetahuinya, kalian bisa mengecek informasi dari Kominfo atau penyedia layanan TV di daerah kalian. Jika area kalian memang belum mendukung, maka wajar saja jika TV digital kalian tidak menangkap sinyal.

Solusinya? Bersabar sampai pemerintah atau penyedia layanan memperluas jangkauan sinyal TV digital di daerah kalian.

BACA JUGA: Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik, Kualitas Gambarnya Lebih Jernih dan Kekinian

BACA JUGA: Hanya Rp1 Jutaan, Ini Rekomendasi Smart TV Digital 32 Inch Terbaik dan Gak Nguras Dompet

2. Apakah TV Kalian Sudah Mendukung TV Digital?

Langkah mengetahui penyebab TV digital tidak ada sinyal selanjutnya adalah memastikan bahwa TV kalian sudah mendukung siaran digital. TV model lama biasanya hanya mendukung siaran analog.

Namun, jangan khawatir! Kalian bisa menggunakan set top box (STB) sebagai solusi. STB ini akan mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal yang bisa ditampilkan di TV analog.

Jika kalian sudah punya TV yang mendukung siaran digital, pastikan pengaturan TV kalian sudah diatur untuk menerima siaran digital. Buka menu pengaturan dan pilih opsi pencarian saluran digital.

Sumber: