6 Mitos Kuno Gerhana Matahari di Beberapa Negara, Sampai Harus Memecahkan Barang-barang Keras?

6 Mitos Kuno Gerhana Matahari di Beberapa Negara, Sampai Harus Memecahkan Barang-barang Keras?

6 mitos kuno gerhana matahari di beberapa negara-freepik-

radartegal.id – Gerhana matahari memiliki sejumlah mitos kuni di beberapa negara yang begitu dipercaya penduduknya. Fenomena alam ini ternyata dipercaya menyimpan makna tertentu bagi sebagian orang.

Mitos kuno gerhana matahari di beberapa negara ini memang belum ada pembuktiannya secara ilmiah. Namun, uniknya hal ini sudah dipercaya dan ada tradisi yang dilakukan sejak turun temurun.

Selain itu mitos kuno gerhana matahari di beberapa negara ini tidak lepas dari kepercayaan seputar hal gaib dan spiritual. Bahkan beberapa ada menganggap gerhana ini sebagai pertanda tertentu.

Selengkapnya di bawah 6 mitos kuno gerhana matahari di beberapa negara. Mulai dari di Cina, India, dan negara-negara lainnya.

BACA JUGA: 5 Mitos Seputar Gerhana Bulan yang Banyak Dipercaya, Ada yang Masih Percaya?

6 mitos kuno gerhana matahari di beberapa negara

Ada beberapa cerita mitos tentang gerhana matahari di berbagai dunia. Berikut diantaranya yang bisa Anda tahu.

1. Cina 

Penduduk di Tiongkok memiliki kepercayaan bahwa gerhana terjadi ketika seekor naga mencoba memakan matahari. Untuk mengusir naga tersebut, penduduk akan membuat kebisingan dengan menabuh drum sampai memecahkan barang-barang keras.

2. India 

Kepercayaan tentang gerhana matahari selanjutnya yaitu di India. Penduduk percaya bahwa gerhana terjadi karena serangan raksasa bernama Rahu, yang mencoba menelan matahari.

Penduduk setempat percaya bahwa gerhana terjadi ketika Rahu berhasil menelan matahari untuk sementara waktu, sebelum akhirnya dilepaskan kembali. Hal ini sudah mereka percaya sejak lama bahkan sampai saat ini.

BACA JUGA: 8 Mitos tentang Pelangi di Berbagai Dunia, Mulai dari Jembatan Arwah sampai Tanda Keberuntungan

Sumber: