Mitos Terkait Gunung Wilis, Konon Para Pendaki Kerap Diganggu Makhluk Ini

Mitos Terkait Gunung Wilis, Konon Para Pendaki Kerap Diganggu Makhluk Ini

Mitos Terkait Gunung Wilis, Konon Ada Sosok Kuntilanak yang Suka Mengganggu Pendaki pict-istockphoto--

MADIUN, radartegal.id - Setiap gunung biasanya memiliki mitosnya tersendiri yang dipercaya oleh para pendaki maupun masyarakat sekitar. Pada artikel kali ini kami akan membahas mitos terkait gunung Wilis.

Gunung Wilis merupakan sebuah gunung yang membentang di beberapa wilayah Provinsi Jawa Timur, mulai dari Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Ada beberapa mitos terkait gunung Wilis, yuk kepoin bareng.

Kabarnya gunung ini punya beberapa mitos yang dipercaya oleh pendaki dan masyarakat, salah satunya sosok kuntilanak yang suka mengganggu pendaki. Cari tau lebih banyak tentang mitos terkait gunung Wilis yuk.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel radar tegal tentang mitos terkait gunung Wilis.

BACA JUGA:Mitos Gunung Tampomas Banjarnegara, Kutukan 2 Cinta Sejoli yang Tidak Direstui

Mitos terkait gunung Wilis:

1. Asal-usul penamaan

Pertama, mitos terkait gunung Wilis diprediksi karena penamaan "Wilis" diambil dari bahasa Jawa kuno yang mempunyai arti "menyerupai bayangan" atau "bayangan yang menutupi". Adanya penamaan tersebut membuatnya banyak yang mengaitkan dengan hal-hal mistis dan berdatangnya mitos satu persatu.

 

2. Sosok penghuni gunung

Kedua, mitos terkait gunung Wilis selanjutnya datang dari sosok penghunu gunung. Masyarakat setempat mempercayai bahwasannya gunung ini dihuni oleh banyak dewa atau makhluk mitologis, hal tersebut diperkuat karena banyaknya kejadian supranatural yang terjadi di sekitarnya.

Salah satu kisah mistis yang terkait dengan Gunung Wilis adalah legenda tentang "Kuntilanak Gunung Wilis". Kuntilanak merupakan sosok dalam mitologi Jawa yang sering dikaitkan dengan hantu perempuan berambut panjang yang menyeramkan. Dalam legenda ini, konon ada sebuah Kuntilanak yang menghuni Gunung Wilis dan sering kali muncul di malam hari.

Masyarakat setempat juga mempercayai ada sosok Kuntilanak di Gunung Wilis ini yang konon suka mengganggu pendaki ketika melewati jalur-jalur tertentu di malam hari. Ada pendaki yang menceritakan bahwa Kuntilanak berwujud seperti wanita cantik dengan rambut panjang yang mengurai, namun saat dilihat dari dekat wajahnya berubah menjadi menakutkan dengan mata yang merah dan gigi tajamnya.

BACA JUGA:Akankah Pulau Jawa Benar-benar Terbelah Menjadi Dua? Begini Ramalan Jayabaya soal Mitos Gunung Slamet

Sumber: