Tips #Cari_aman Menyalip dengan Benar, Keinginan yang Perlu Dikendalikan

Tips #Cari_aman Menyalip dengan Benar, Keinginan yang Perlu Dikendalikan

BERISIKO - Pengendara harus memahami cara menyalip dengan benar dan aman, supaya terhindar dari risiko kecelakaan yang bisa berakibat fatal.--

radartegal.id – Manusia telah bergulat dengan seni menyalip di atas kuda dan kereta, jauh sebelum era kendaraan. Di masa lalu, penunggang kuda harus mempertimbangkan faktor seperti kecepatan kuda, medan, dan kondisi jalan untuk menyalip dengan benar dan aman.

Dalam dunia perkeretaapian dengan kekuatan lokomotifnya, menghadirkan tantangan baru dalam menyalip dan menuntut koordinasi yang rumit antara masinis dan petugas sinyal. Kemunculan kendaraan di abad berikutnya membawa perubahan besar dalam cara menyalip dengan benar dan aman.

Kecepatan yang lebih tinggi dan manuver yang lebih dinamis, menuntut aturan dan regulasi baru untuk memastikan keselamatan di jalan raya. Aturan pertama tentang menyalip dengan benar dan aman mulai diberlakukan di Eropa dan Amerika Serikat pada awal abad ke-20.

"Fokus aturan tersebut adalah pada penggunaan klakson, lampu sein, dan marka jalan. Sedangkan di Indonesia, sejarah menyalip dengan benar dan aman tidak lepas dari perkembangan transportasi di Tanah Air," kata Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto.

Manuver paling berisiko

Oke menambahkan dari era kolonial Belanda, hingga era modern dengan infrastruktur jalan yang semakin kompleks, aturan dan budaya menyalip terus berkembang. Saat ini, menyalip masih menjadi salah satu manuver paling berisiko di jalan raya.

Faktor seperti kondisi keamanan, kecepatan, kemampuan kendaraan, jarak pandang, jarak aman setelah menyalip, kondisi cuaca, dan perilaku pengemudi lain, harus dipertimbangkan dengan cermat. 

Sekadar informasi, dari beberapa unggahan di media sosial terungkap kejadian menyalip yang berujung kecelakaan dengan cedera hingga meninggal dunia di tempat. Jika diamati, terjadinya gagal menyalip yang berakhir dengan kecelakaan, banyak disebabkan karena perencanaan yang buruk.

Selain itu juga kemampuan berkendara yang kurang, faktor psikologis, dan faktor kendaraan. Setidaknya ada 7 hal yang perlu diperhatikan untuk menyalip dengan benar dan aman, yaitu:

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima: Periksa kondisi kendaraan secara rutin dan pastikan semua komponen berfungsi dengan baik sebelum berkendara.

2. Jaga konsentrasi dan fokus saat berkendara: Hindari melakukan hal lain yang dapat mengalihkan perhatian dan fokus saat berkendara.

3. Pahami medan, kondisi, rambu dan marka diarea tersebut

4. Manuver menyalip dengan direncanakan dengan cermat: Jarak pandang aman, perhitungkan kecepatan, perhatikan kondisi jalan, berikan tanda yang jelas, dan pastikan ruang aman setelah menyalip tercukupi.

5. Tetap tenang dan waspada: Jangan panik saat menyalip dan selalu waspada terhadap situasi di sekitar.

Sumber: