Motor Kopling Gampang Mati? Ini 5 Kesalahan yang Bikin Malu di Jalan

Motor Kopling Gampang Mati? Ini 5 Kesalahan yang Bikin Malu di Jalan

KOPLING MOTOR - Dengan mengetahui penyebab motor kopling gampang mati ini, Anda bisa mengurangi kesalahan saat mengendarai motor kopling di jalan.-(Foto: Istimewa)-

radartegal.id - Apa saja sebab motor kopling gampang mati? Ketika belajar mengendarai motor dengan sistem kopling, banyak pengendara yang mengalami kesulitan dan kejadian memalukan saat motor mati-matian di tengah jalan. 

Untuk menghindari hal motor kopling gampang mati, penting untuk memahami beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat mengoperasikan motor dengan kopling. 

Dikutip dari channel youtube MOTOR Plus Sabtu, 25 Mei 2024, kami akan membahas lima kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor kopling dan memberikan tips tentang bagaimana menghindari agar motor tidak mati-matian saat digunakan.

Berikut ini ada lima kesalahan yang sering dilakukan atau terjadi saat bawa motor kopling sehingga sering mati. Simak ya lima kesalahan ini supaya motor kalian tidak sering mati.

BACA JUGA: Apakah Motor Keyless Aman dan Gak Bisa Dicuri Maling? Begini Penjelasan Versi sang Ahli Kunci

Melepas tuas kopling terlalu cepat

Kesalahan pertama adalah melepas tuas kopling terlalu cepat. Biasanya, saat di jalan, kalian suka buru-buru atau panik sehingga lepas kopling terlalu cepat. Akibatnya, mesin motor jadi mati. 

Ini sering terjadi saat belajar naik motor kopling. Contohnya, saat kita buka kopling secara normal, motor berjalan lancar. Tapi kalau panik dan tiba-tiba lepas kopling, motor bisa mati. Jadi, usahakan lepas kopling dengan perlahan sambil jalan, baru lepaskan sepenuhnya.

Posisi gigi masih tinggi saat berhenti

Kesalahan kedua adalah menepi atau berhenti dengan posisi gigi masih tinggi, misalnya gigi tiga atau empat. Saat berhenti dengan gigi tinggi, motor butuh RPM lebih tinggi untuk berjalan. 

Kalau RPM rendah dan lepas kopling pelan-pelan, motor akan mati karena tidak kuat membawa beban. Jadi, saat berhenti, pastikan posisi gigi rendah, disarankan di gigi satu, supaya motor bisa berjalan tanpa mati.

BACA JUGA: 6 Cara Atasi Motor yang Mogok Tiba-tiba, Mudah Langsung Greng..

Sumber: