Blok Keramik Vs Aluminium Billet, Mana yang Lebih Baik untuk Performa Motor Bore Up Anda?

Blok Keramik Vs Aluminium Billet, Mana yang Lebih Baik untuk Performa Motor Bore Up Anda?

OTOMOTIF- Alumunium Billet adalah salah satu blok silinder favorit yang performa motor bore up untuk ajang balap drag di Tahiland.-(Foto Pinterest)----

Radartegal.id - Kita seringkali dihadapkan dengan berbagai pilihan blok mesin. Khususnya blok berbahan keramik dan aluminium billet untuk performa motor bore up. 

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan bore up pada mesin motor Anda, mungkin Anda bertanya-tanya, "Mana yang lebih baik di antara kedua jenis blok ini?" 

Mari kita bahas kelebihan masing-masing bahan blok ini agar Anda bisa membuat keputusan yang tepat. Berikut ulasannya mengutip video YouTube dari Channel @ULTRASPEEDRACING. 

Mengenal blok keramik

Blok keramik terdiri dari kombinasi nikel dan keramik, atau lebih spesifik lagi, nikel silicon carbide yang digunakan untuk dinding liner. Keunggulan utama blok keramik terletak pada kemampuannya dalam melepas panas dengan cepat dan ketahanannya terhadap suhu tinggi. 

BACA JUGA: 7 Penyebab Motor Tiba-tiba Mati saat Jalan, Penting Banget dan Jangan Diremehkan!

BACA JUGA: Bukan Cuma Murah, Ini Keunggulan Honda PCX 175 yang Sangat Menggoda dan Kekinian

Blok keramik ini bisa menahan panas hingga 1200 derajat Celsius, sehingga sangat cocok untuk mesin dengan performa tinggi yang telah mengalami bor up. Kemampuan melepas panas yang efektif memastikan mesin tidak mudah overheat, meski dipacu dalam kondisi ekstrim.

Blok aluminium billet

Di sisi lain, blok aluminium billet juga memiliki kemampuan melepas panas yang baik karena terbuat dari bahan aluminium. Keunggulan utama blok billet adalah fleksibilitasnya. 

Blok ini bisa dibuat sesuai keinginan, mulai dari ukuran bore, panjang blok, hingga sistem pendinginannya. Hal ini membuat blok aluminium billet sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat spesifikasi motor yang tidak biasa atau ekstrem. 

Misalnya, @ULTRASPEEDRACING telah menggarap proyek seperti Nmax old 300 CC dan Aerox 275 CC, di mana ukuran blok yang besar dan spesifikasi unik sulit didapatkan di pasaran.

Sumber: