Motor Matic Tidak Bisa Distarter atau Diengkol? Jangan Buru-buru Panik, Begini Solusinya

Motor Matic Tidak Bisa Distarter atau Diengkol? Jangan Buru-buru Panik, Begini Solusinya

Motor Matic Tidak Bisa Distarter Atau Diengkol? Jangan Khawatir Ini Solusinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

4. Selenoid Valve Kemungkinan Terputus

Selenoid valve atau kebel yang berfungsi untuk mengoperasikan bagian transmisi secara otomatis bisa saja putus karena suatu hal. Apabila kabelnya terputus maka sistem transmisi tidak bisa berjalan seperti semestinya.

BACA JUGA: Cara Membersihkan CVT Motor Matic Tanpa Perlu Bantuan Mekanik, Bisa Dilakukan di Rumah

Cara memperbaiki motor matic tidak bisa distarter atau diengkol

1. Cek Aki

Apabila penyebab motor matic tidak bisa diengkol maupun distarter karena akinya lemah, Anda bisa mengecek aki dengan menggunakan voltmeter. Apabila akinya benar-benar lema, Anda bisa mengecas aki atau menggantinya dengan yang baru.

2. Kick Starter Macet

Nah apabila penyebab motor matic tidak bisa distarter atau diengkol dikarenakan kick starternya macet, Anda bisa mencoba membersihkan kotoran dan karat yang menempel pada kick starternya.

Anda bisa menyemprotkan pelumas pada bagian yang bergesekan. Namun jika masih macet, lebih disarankan untuk dibawa ke bengkel agar mendapatkan perawatan yang maksimal.

BACA JUGA: 4 Cara Perawatan Motor Injeksi yang Tepat Supaya Performa Mantul, Mudah Kok

3. Busi Rusak

Busi yang rusak atau kotor, bisa Anda ganti dengan yang baru. Atau Anda bisa membersihkannya dengan amplas pada bagian ujung busi yang biasanya berwarna hitam akibat sering terkena kotoran.

4. Selenoid Valve Putus

Sementara untuk mengatasi motor matic tidak bisa distarter atau diengkol dikarenakan kabel selenoid valve yang putus, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Disarankan untuk dibawa ke bengkel untuk pemasangan selenoid valve yang lebih presisi.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah, Ini Bahaya Mengisi Bensin Solar ke Sepeda Motor

Sumber: