4 Mistis Gunung Sumbing yang Paling Terkenal, Konon Tidak Boleh Mengucapkan Kata Dingin Saat Pendakian

4 Mistis Gunung Sumbing yang Paling Terkenal, Konon Tidak Boleh Mengucapkan Kata Dingin Saat Pendakian

4 Mistis Gunung Sumbing yang Paling Terkenal, Konon Tidak Boleh Mengucapkan Kata Dingin Saat Pendakian pict-istockphoto--

RADAR TEGAL - Apakah kalian tak asing dengan salah satu gunung yang berada di daerah Jawa Tengah ini? Yup benar sekali gunung ini bernama Sumbing dimana di dalamnya terdapat banyak kisah mistis yang menyelimutinya. Pas banget nih pada artikel di bawah ini kami akan membahas 4 mistis gunung Sumbing yang paling terkenal tersebut.

Meskipun terkenal akan alamnya yang sangat mempesona, namun kisah mistisnya juga tak kalah banyak terlebih banyak pendaki yang sering merasakan hawa-hawa mistis tersebut. Yuk kepoin, ada 4 mistis gunung Sumbing yang paling terkenal di bawah ini.

Sepanjang jalur pendakian memang banyak pendaki yang sering ditampaki sosok-sosok gaib yang membuat merinding, namun ada salah satu aturan yang harus dipatuhi oleh pendaki ketika mendaki di gunung ini. Apa sih aturan tersebut? yuk kita simak ulasan 4 mistis gunung Sumbing yang paling terkenal tersebut.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel dari radar tegal yang akan membahas 4 mistis gunung Sumbing yang paling terkenal. Benarkah penunggu gunungnya perwujudannya berupa peri cantik?

BACA JUGA: Mengungkap Misteri Gunung Tambora, Ada Apa Pasca Ledakan Dahsyat Kala itu?

Kisah mistis gunung Sumbing yang paling terkenal

1. Sebagai tempat pesugihan dan bertapa

Pertama, mistis gunung Sumbing yang paling terkenal adalah dijadikan sebagai tempat pesugihan dan bertapa. Ada salah satu kisah yang melegenda dari gunung ini dimana pada bagian puncaknya pernah dijadikan tempat bertapa oleh seorang tokoh mistik asal Jawa yang paling terkenal untuk mendapatkan kesaktian.

Tak hanya dibagian puncaknya saja, ternyata pada gunung ini terdapat gua dimana konon di dalamnya dihuni oleh berakan makhluk gaib. Di dalam gua ini juga terdapat beberapa artefak kuno yang banyak mencuri perhatian orang.

Dan terakhir pada bagian kawahnya konon dijadikan tempat pesugihan. Pengunjung tidak akan asing pada area ini, karena banyak orang yang datang untuk membuat perjanjian dengan makhluk gaib untuk memperoleh kekayaan.

2. Peri cantik penunggu gunung

Kedua, mistis gunung Sumbing yang paling terkenal lainnya adalah terdapat penunggu yang memiliki perwujudan peri cantik. Pendaki mempercayai cahaya yang sering muncul saat mereka mendaki adalah perwujudan penunggu yang berupa seorang peri, namun konon katanya peri ini tidak mau wujudnya dilihat oleh manusia.

BACA JUGA:4 Wisata Paling Populer di Tegal, Mulai dari Perkotaan hingga Pegunungan!

Namun ada juga pendaki mengatakan cahaya yang muncul tersebut berupa penunggu yang dengan sengaja menyesatkan pendaki. Penunggu ini menyesatkan pendaki yang selama mendaki menunjukkan adab kurang baik.

Sumber: