Sama-sama 'Matic,' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT

Sama-sama 'Matic,' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT

Padahal Sama-sama 'matic' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Penyebabnya dikarenakan CVT dapat menyesuaikan rasio gigi dengan tepat, sehingga proses penyaluran tenaga mesin lebih maksimal.

Sementara pada transmisi AT dari segi performa, lebih menawarkan akselerasi yang lebih kuat dibanding CVT. Hal ini dikarenakan transmisi AT yang punya rasio lebih tinggi sehingga mampu mendongkrak mesin untuk mencapai kecepatan tertinggi.

3. Efisiensi BBM

Aspek selanjutnya yang membedakan transmisi CVT dengan AT adalah dari konsumsi rata-rata bahan bakar mobil. Dibandingkan dengan AT, CVT lebih hemat bahan bakar khususnya jika mobil digunakan untuk pemakaian didalam kota.

BACA JUGA: Ketahui Penyebab Mobil Matic Ndut- ndutan di RPM Rendah, Solusinya Bersihkan Bagian Ini

Sementara transmisi AT terbilang boros dibandingkan CVT karena jika digunakan didalam kota yang padat dan sering macet, terlalu banyak stop and go traffic sehingga transmisi hilang tenaga saat pindah gigi.

4. Reliable dan Biaya Perawatan

Dari segi kehandalan, transmisi CVT lebih handal dan lebih hemat biaya perawatan karena memiliki desain yang simpel dan lebih sedikit komponen yang bergerak.

Sedangkan transmisi AT mungkin memerlukan perawatan yang lebih sering dan lebih mahal jika dibandingkan CVT. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh transmisi AT yang memiliki terlalu banyak komponen yang bergerak sehingga resiko mengalai keausan lebih tinggi.

Akhir kata

Baik transmisi CVT maupun transmisi AT, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan transmisi terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Apabila ingin mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman plus hemat bahan bakar, Anda bisa memilih CVT sebagai transmisi. Sedangkan, jika ingin punya mobil dengan akselerasi kuat, pilihlah transmisi AT.

Demikian informasi pada artikel ini semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi Anda.(*)

Sumber: