Dibuka Pj Walikota, Program TMMD di Tegal Sasar Perbaikan Saluran

Dibuka Pj Walikota, Program TMMD di Tegal Sasar Perbaikan Saluran

Pj Walikota Tegal membuka pelaksanaan program TMMD di Tegal--

RADAR TEGAL - Pj Walikota Tegal Dadang Somantri secara resmi membuka pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II 2024 di wilayah Kodim 0712/Tegal, Rabu 8 Mei 2024. Nantinya, program tersebut akan menyasar perbaikan fisik saluran air di Jalan Merpati, yang melintas di RT04, RT05 dan RT06 di RW04 Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Tegal Dadang Somantri mengatakan pihaknya mengapresiasi TNI/Polri serta seluruh jajaran yang akan melaksanakan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini. Dirinya berharap semoga kegiatan dapat dilaksanakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

"Dengan satu tujuan, mencapai percepatan pembangunan di tiap-tiap daerah. Sesuai dengan tema TMMD Sengkuyung Tahap II yaitu Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah," katanya.

Lurah Pekauman, Rudi Pratikno menyampaikan, wilayah yang akan dikerjakan TMMD tersebut memang sebagian sudah ada saluran dan lainnya belum. Sedangkan saluran yang sudah ada saat ini kondisinya hampir tertutup, dan kondisi sudah rusak.

BACA JUGA: Program TMMD Berkontribusi Sejahterakan Masyarakat Desa, Pj Gubernur Jateng Beri Pesan Ini

"Dengan perbaikan dan pembuatan saluran pada pelaksanaan TMMD ini, kami berharap saluran air di wilayah tersebut akan lancar apalagi saat hujan. Selain itu, saya harap masyarakat bisa menjaga dan memelihara dan terus bersama-sama melanjutkan gotong royong dengan menjaga lingkungannya," tutur Lurah Pekauman.

Sebagai informasi, pelaksanaan TMMD diawali pra TMMD yang sudah dimulai 25 April - 4 Mei 2024. Sedangkan waktu pelaksanaan mulai 8 Mei - 6 Juni 2024.

Selain sasaran fisik, ada beberapa sasaran non fisik yang akan dilaksanakan pada penyelenggaraan TMMD tersebut. Yakni penyuluhan kepada masyarakat dan sosialisasi TMMD, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, protokol kesehatan, bahaya stunting, kenakalan remaja, narkoba, KB kesehatan serta posyandu.

Adapun untuk pembangunan fisik yakni, pemasangan saluran u-ditch dan cover tersebut. Dengan ukuran panjang per u-ditch 1,20 meter, lebar 0,50 meter, tinggi 0,60 meter) sepanjang volume 141,6 meter.

BACA JUGA: Pekerjaan Selesai, Hasil Program TMMD di Kabupaten Tegal Diserahkan ke Pemkab

Anggaran yang digelontorkan untuk pelaksanaan program TMMD di Kota Tegal , baik dalam sasaran fisik maupun non fisik sebesar Rp412 juta. Itu, terdiri dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp210 juta dan APBD Kota Tegal sebesar Rp202 juta. (*)

Sumber: