Bocoran Trik Agar AC Hemat Listrik, Meski Nyaman Tapi Pengeluaran Rumah Tangga Bisa Berkurang

Bocoran Trik Agar AC Hemat  Listrik, Meski Nyaman Tapi Pengeluaran Rumah Tangga Bisa Berkurang

Bocoran Trik Agar AC Hemat Listrik, Meski Nyaman Tapi Pengeluaran Rumah Tangga Bisa Berkurang--

RADAR TEGAL- Penggunaan AC yang berlebihan dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak. Untuk itu, Anda perlu mengetahui trik agar AC hemat listrik yang dapat mengurangi pengeluaran bulanan Anda untuk biaya listrik.

Pada artikel ini akan membahas mengenai trik agar AC hemat listrik. Selain untuk menghemat energi pada AC juga membantu meningkatkan kesadaran lingkungan yang dapat mendorong Anda untuk mengadopsi kebiasaan yang lebih bijak dan berkelanjutan.

Apabila Anda mengikuti trik agar AC hemat listrik, Anda tidak hanya mendapat kenyamanan dalam ruangan dengan menikmati suhu nyaman didalam ruangan tetapi juga perasaan aman tanpa khawatir tentang tagihan listrik yang tinggi.

Lantas apa saja si  trik agar AC hemat listrik yang wajib banget Anda tahu? Yuk simak artikel ini sampai selesai ya.

BACA JUGA: Pilhan AC Daikin Terbaik 2024, Meskipun Hemat Listrik Tapi Mampu Mendinginkan Optimal

Trik agar AC hemat listrik

1. Gunakan Mode Hemat Energi atau Sleep Mode

Mode sleep pada AC dapat membantu menghemat listrik dengan mengoptimalkan kinerja AC selama periode istirahat atau tidur. Mode sleep dirancang untuk memberikan kesejukan yang nyaman selama tidur sambil mengurangi konsumsi energi.

Banyak AC modern dilengkapi dengan mode hemat energi atau sleep mode. Apabila AC Anda telah dilengkapi fitur ini, maka sangat disarankan untuk Anda memafaatkan mode ini.

Mode ini dapat menyesuaikan output pendinginan secara otomatis berdasarkan suhu ruangan, mengoptimalkan penggunaan energi dan meningkatkan efisiensi.

2. Atur Suhu dengan Bijak

Hindari mengatur AC pada suhu yang terlalu rendah. Setiap penurunan satu derajat dapat meningkatkan konsumsi energi AC sekitar 5-10%.

Oleh karena itu, atur suhu sejalan dengan kenyamanan Anda tanpa membuatnya terlalu dingin.

BACA JUGA: Review AC Midea Inverter MSIAF 1 PK, Hemat Listrik dan Anti Karat

Set suhu AC pada level yang nyaman, idealnya antara 24-26 derajat Celsius. Setiap peningkatan suhu satu derajat dapat menghemat energi sekitar 5-10%.

Selain itu, hindari perbedaan suhu yang drastis dengan suhu luar ruangan. Hindari juga menetapkan perbedaan suhu yang terlalu besar antara suhu ruangan dan suhu yang diinginkan.

Semakin besar perbedaannya, semakin keras AC bekerja, yang dapat meningkatkan konsumsi energi. Hal ini menjadi salah satu cara agar AC hemat listrik.

3. Rutin Bersihkan dan Ganti Filter AC

Cara agar AC hemat listrik salah satunya dengan rutin membersihkan filter. Pasalnya fiter yang kotor dapat membuat AC bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi.

Bersihkan atau ganti filter secara teratur, minimal setiap satu atau dua bulan sekali, tergantung pada seberapa sering AC digunakan.

4. Tutup Tirai atau Gorden pada Siang Hari

Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah cara ini. Meskipun terlihat sepele tetapi menutup tirai termasuk cara AC hemat listrik.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi AC Hemat Listrik, Siap Sejukan Ruangan Secara Maksimal

Karena sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat meningkatkan suhu dan membuat AC bekerja lebih keras. Tutup tirai atau gorden pada siang hari untuk mengurangi pemanasan ruangan dan membantu AC bekerja lebih efisien.

5. Hindari Penggunaan AC Pada Waktu yang Tidak Diperlukan

Matikan AC ketika Anda meninggalkan ruangan atau gunakan timer untuk mengatur waktu penggunaannya. Jika malam hari terasa sejuk, pertimbangkan untuk mematikan AC dan membuka jendela agar udara segar dapat masuk

Tips memilih AC hemat listrik

1. Pilih yang Memiliki Daya Listrik Rendah

Tips yang pertama yaitu dengan memilih AC yang memiliki daya listrik rendah untuk mengurangi tagihan listrik. Untuk menemukan AC dengan daya listrik rendah, anda  harus memperhatikan label energi pada AC sebelum membelinya.

Label tersebut akan memberitahu informasi mengenai tingkat efisiensi energi dari pendingin ruangan. Kamu bisa memilih produk yang memiliki rating efisiensi terbaik (A, A+, ataupun A++) agar bisa lebih menghemat energi.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi AC Panasonic Terbaik, Cepat Dinginkan Ruangan dan Awet

2. Memilih Desain yang Mudah untuk Dibersihkan

Tips selanjutnya yaitu dengan memilih AC yang memiliki desain mudah untuk dibersihkan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa dengan mudah membersihkannya dan menjaga kualitas udara dalam ruangan serta dapat meningkatkan umur pakainya.

Sekarang sudah banyak pendingin ruangan yang memiliki desain simpel dan mudah untuk dibersihkan. Namun tetap terlihat elegan dan membuat ruangan tampak lebih modern dan terawat.

3. Menyesuaikan dengan Luas Ruangan

Sumber: