Pj. Walikota Pimpin Apel Peringatan Hari Bumi di PAI Tegal

Pj. Walikota Pimpin Apel Peringatan Hari Bumi di PAI Tegal

Pj Walikota Tegal pimpin apel hari bumi--

RADAR TEGAL - Pj Walikota Tegal Dadang Somantri memimpin langsung apel Peringatan Hari Bumi di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI), Sabtu 4 Mei 2024. Hadir dalam kegiatan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Dadang mengatakan Hari Bumi Sedunia adalah kesempatan untuk merenung. Betapa pentingnya menjaga planet ini dan mengambil tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan alam kita.

"Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk mengingatkan diri kita sendiri dan orang lain. Tentang tanggung jawab kita terhadap bumi," katanya.

Menurut Dadang, Hari Bumi bukan hanya tentang menyadari masalah-masalah lingkungan saja, tetapi juga tentang mengambil tindakan. Itu semua, merupakan panggilan untuk semua individu, komunitas, dan pemerintah untuk berkomitmen pada tindakan nyata yang akan memperbaiki kondisi bumi.

BACA JUGA: Pj Walikota Tegal Minta Ormas Turut Mendinginkan Suhu Politik Jika Sedang Naik

"Dengan melakukan perubahan kecil dalam gaya hidup kita sehari-hari, seperti mengurangi limbah plastik, menghemat energi, dan mendukung praktik pertanian berkelanjutan. Kita dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kesehatan bumi kita," jelasnya.

Selanjutnya, Dadang mengajak agar mengunakan Hari Bumi ini sebagai inspirasi untuk menjadikan setiap hari. Sebagai hari yang berarti dalam menjaga dan melindungi rumah kita bersama ini. 

"Bersama-sama kita dapat menciptakan masa depan yang lebih hijau. Berkelanjutan, dan harmonis untuk generasi mendatang," tandasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal, Nany Lestari menyampaikan perlu kesadaran bagi semua minimal untuk menjaga lingkungan sekitar. Hal tersebut bisa dilakuikan dengan berbagai cara. 

BACA JUGA: Pj Walikota Dorong Optimalisasi Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana di Tegal

"Misalnya, dengan menanam pohon di rumah masing-masing, jika keterbatasan lahan bisa dilakukan penanaman di pot. Dengan demikian kita dapat menjaga lingkungan kita lebih hijau lagi,” ungkap Nany Lestari. 

Sementara itu, selain acara bersih pantai, juga dilaksanakan penanaman pohon mangrove di sekitar Obyek Wisata PAI. Dalam Apel yang dipimpin Pj Walikota Tegal itu, diikuti sekitar 600-an peserta yang terdiri dari TNI-Polri dan pihak lainnya. (*)

Sumber: