Begini Cara Isi Freon AC Sendiri Langsung dari Pakarnya, Cuma Keluar Modal Rp120 Ribu Bisa Isi 10 Kali

Begini Cara Isi Freon AC Sendiri Langsung dari Pakarnya, Cuma Keluar Modal Rp120 Ribu Bisa Isi 10 Kali

Begini Cara Isi Freon AC Sendiri Langsung dari Pakarnya, Cuma Keluar Modal Rp120 Ribu Bisa Isi 10 Kali--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Apakah Anda merasa kesal harus mengeluarkan biaya sekitar Rp100 ribu untuk menyewa jasa servis AC untuk isi freon AC? Mengapa Anda tidak mencobanya sendiri. 

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa mengisi freon AC harus dilakukan oleh teknisi AC yang sudah profesional. Anggapan ini memang benar, namun akan sangat merugikan sekali apabila setiap kalinya mengisi freon harus keluar biaya Rp100 ribu.

Terlebih jika valve atau katup AC mengalami kebocoran sehingga freon habis, tentunya akan membuat uang Anda cepat habis. Maka dari itu, apabila Anda sudah sering memperhatikan bagaimana teknisi AC mengisi freon AC Anda seharusnya sudah bisa mengisinya sendiri.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengisi freon AC sendiri, Anda bisa menyimak penjelasan bagaimana mengisi freon pada AC melalui salah satu video dari chanel YouTube Fabian Chanel berikut ini;

BACA JUGA:6 Keunggulan AC 1/2 PK Daikin STC15NV, Selain Lebih Hemat Listrik, Punya Teknologi Flash Streame

Cara isi freon Air Conditioner/AC sendiri

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengisi freon sendiri adalah membeli satu paket alat pengisian freon. Paket pengisian freon disebut dapat dibeli melalui online store yang tersedia seperti: Shoppee, Tokopedia dan lain-lain.

Umumnya setiap pembelian paket akan mendapatkan freon, alat ukur, selang-selang, dan adapter. Sebelum memulai melakukan pengisian, disarankan untuk menimbang freon ditimbang terlebih dahulu untuk mengukur jumlah freon yang digunakan.

Selanjutnya Anda bisa memasang selang pada bagian adapter yang sesuai lalu pompa adapter dengan cara mengendurkan jarum segel untuk membuka akses ke freon.

Jika langkah diatas sudah berhasil Anda lakukan, selanjutnya pasang selang yang lain pada unit AC milik Anda. Pastikan setiap sambungan terpasang dengan rapat sehingga tidak terjadi kebocoran freon pada waktu pengisian.

BACA JUGA:Kipas Angin Berdiri Berdengung dan Tidak Mau Berputar? Berikut Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Lanjut ke proses pengisian freon AC, pertama pastikan AC dalam kondisi menyala lalu buka ventilasi pada tabung freon untuk memulai pengisian.

Sembari mengisi freon AC, perhatikan suhu freon dan perhatikan tanda-tanda perubahan pada unit AC. Agar lebih presisi, Anda bisa menggunakan alat ukur untuk memeriksa tekanan freon.

Pastikan tekanan freon sesuai dengan anjuran buku manual.

Sumber: