Kipas Angin Berdiri Berdengung dan Tidak Mau Berputar? Berikut Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Kipas Angin Berdiri Berdengung dan Tidak Mau Berputar? Berikut Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Kipas Angin Berdiri Berdengung dan Tidak Mau Berputar? Berikut Penyebab dan Cara Memperbaikinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Cuaca sedang panas ingin merasakan angin segar dari kipas angin berdiri namun malah berdengung dan tidak mau berputar? Tenang jangan panik. Berikut akan kami bahas penyebab dan cara memperbaikinya.

Kipas angin berdiri yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja, merupakan salah satu masalah stand fan yang paling umum. Berdasarkan informasi, banyak jasa servis elektronik yang memperbaiki masalah ini.

Adapun untuk biaya memperbaiki kipas angin berdiri yang tidak mau berputar hanya berdengung saja ini bervariasi. Harga tergantung dinamo yang dimiliki oleh kipas, karena pada dasarnya masalah berdengung pada kipas berdasar pada dinamo.

Nah seperti yang tadi sudah jelaskan, pada pembahasan kali ini kita akan melihat apa yang menjadi penyebab kipas angin berdiri tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Berikut penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Praktis dan Mudah Dilakukan, Berikut 4 Tips Agar Kipas Angin Jadi Lebih Sejuk seperti AC Dinding

Penyebab kipas angin berdengung tidak mau berputar

Mengutip informasi dari salah satu video YouTube di chanel Alpha Teknik Servis Elektronika Rumahtangga, ada beberapa hal yang menyebabkan kipas angin tidak mau berputar dan hanya berdengung saja, antara lain;

1. Ash Macet

Menurut Rafael selaku teknisi elektronik di Alpha Teknik Servis Elektronika Rumahtangga, penyebab kipas anging berdengung terletak ash-nya yang macet. Kemungkinan masalah ini berasal dari pemilik kipas angin yang menggunakan oli sebagai pelumas Ash.

Cara tersebut memang tidak salah namun melumasi ash kipas angin berdiri dengan oli hanya bertahan sementara saja. Lebih disarankan untuk menggunakan pelumas mesin jahit untuk melumasi ash kipas.

Adapun untuk pemakaiannya hanya satu atau dua tetes saja karena jika terlalu banyak bisa membuat konslet dinamo kipas.

BACA JUGA: Cara Mengubah Kipas Angin Biasa jadi Sedingin AC, Cukup Modal Botol Aqua Bekas Saja Loh

Nah untuk cara memperbaikinya, Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada ash. Kemudian teteskan satu kali pelumas mesin jahit untuk melumasi ash.

2. Debu Menempel

Sumber: