Pimpin Upacara Hardiknas, Sekda Kabupaten Tegal Bilang Begini

Pimpin Upacara Hardiknas, Sekda Kabupaten Tegal Bilang Begini

APRESIASI - Sekda Amir Makhmud SE MSi memberi apresiasi capaian prestasi siswa dan Dinas Dikbud dipuncak Hardiknas--

RADAR TEGAL - Upacara puncak peringatan hari pendidikan Nasional (Hardiknas) digelar di halaman kompleks sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, Kamis 2 Mei 2024. Bertindak selaku inspektur Upacara, Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud mewakili Pj Bupati Agustyarsyah.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan pihaknya menitipkan pesan pada satuan pendidikan baik kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan agar perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan SD dan SMP negeri utamanya, bisa lebih dioptimalkan. Untuk meningkatkan mutu dan mengatasi hambatan pendidikan.

"Itu, penting karena landscape dunia kita sudah dihadapkan pada tantangan era revolusi industri 4.0 yang identik dengan penggunaan cyber-physical system. Seperti artificial intelligence, internet of things, 3D printing, robot, dan mesin-mesin cerdas lainnya yang telah banyak mengubah peri kehidupan kita," ujarnya.

Amir mengatakan, percepatan transformasi digital pendidikan melalui digitalisasi sekolah dalam kegiatan belajar dan mengajarnya sudah harus menjadi bagian dari upaya menjawab tantangan zaman tersebut. Sekaligus mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 

BACA JUGA: Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Tegal Digelar, Pj. Walikota Ajak Masyarakat Teladani Ki Gede Sebayu

"Selain perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi harus secepatnya kita penuhi. Penguasaan akan platform digital Merdeka Mengajar, Platform Sumber Daya Sekolah, Platform Rapor Pendidikan dan Manajemen Data serta Infrastruktur juga harus direalisasikan," cetusnya.

Amir menegaskan selain menunjang layanan pendidikan, penggunaan aplikasi seperti rencana kegiatan anggaran sekolah juga akan meningkatkan tata kelola penyelenggaraan. Serta manajemen pendidikan berbasis elektronik, khususnya di lingkungan sekolah. 

"Serta menjamin tata kelola keuangan sekolah seperti pengelolaan dana BOS. Yang lebih terbuka dan akuntabel," ungkapnya

Puncak upacara Hardiknas diwanai dengan penampilan senam sehat ceria yang dibawakan siswa siswi SMPN 1 Tarub. Serta paduan suara MGMP SMP Kabupaten Tegal dan kolosal Ansambul Pelajar Pancasila SMPN 1 Slawi, turut diserahkan piagam penghargaan kepada sejumlah siswa berprestasi. (*)

Sumber: