3 Wasit yang Dijatuhi Sanksi FIFA Gara-gara Terbukti Curang, Siapa Saja Mereka?

3 Wasit yang Dijatuhi Sanksi FIFA Gara-gara Terbukti Curang, Siapa Saja Mereka?

SANKSI FIFA - Salah satu wasit yang dijatuhi sanksi FIFA adalah kasus Ibrahim Chaibou. Ia terbukti menerima suap dalam pertandingan persahabatan internasional pada 2010 dan 2011.-(Foto: Instagram/ibrahim_chaibou___)-

RADAR TEGAL - Wasit yang dijatuhi sanksi FIFA terhadap tindakan kecurangan dalam sepak bola kembali menjadi sorotan publik. Siapa saja mereka?

Tiga wasit, Ibrahim Chaibou dari Nigeria, Oden Charles Mbaga dari Tanzania, dan Joseph Odartei Lamptey dari Ghana, telah dijatuhi sanksi tegas karena terbukti melakukan tindak kecurangan saat memimpin pertandingan untuk menguntungkan salah satu tim.

Keberadaan wasit dalam sepak bola memang tidak bisa dipisahkan. Namun, setiap keputusan yang diambil oleh para pengadil lapangan hijau sering kali menuai kontroversi. 

Dikutip dari sports.sindonews.com, hal yang sama terjadi ketika penggemar sepak bola di Indonesia merasa kecewa dengan keputusan Nasrullo Kabirov saat memimpin laga Qatar vs Timnas Indonesia pada laga pembuka penyisihan Grup A Piala Asia U-23. 

BACA JUGA: Masyarakat Korea Selatan Dukung Timnas: Jangan Menyesal Tuan Shin, Kami Dukung Indonesia ke Olimpiade Paris

Kabirov memberikan hadiah penalti kepada Qatar dan mengusir dua pemain Indonesia dengan kartu merah, yang mengundang keraguan akan integritasnya sebagai wasit berlisensi FIFA.

Perlakuan yang kurang menyenangkan terhadap Timnas Indonesia U-23 tidak hanya terjadi satu kali. Terbaru, Shen Yinhao juga mendapat kecaman karena keputusannya dianggap merugikan Skuad Garuda Muda. 

Indonesia U-23 akhirnya gagal melangkah ke final setelah dikalahkan Uzbekistan dengan skor 0-2. Pertanyaannya, apakah FIFA mampu menjatuhkan sanksi tegas terhadap wasit yang terbukti melakukan kecurangan?

BACA JUGA: PSSI Protes ke AFC Akibat Pertandingan Semifinal Piala Asia 2024, 2 Wasit Terancam Dipecat

Ketiga Wasit Pelanggar

1. Ibrahim Chaibou

Salah satu wasit yang dijatuhi sanksi FIFA adalah kasus Ibrahim Chaibou. FIFA menjatuhkan sanksi larangan memimpin kegiatan sepak bola seumur hidup terhadap Chaibou karena terbukti menerima suap dalam pertandingan persahabatan internasional pada 2010 dan 2011.

Chaibou menerima suap untuk memengaruhi hasil pertandingan tim nasional yang dimainkan di berbagai belahan dunia. Taktik favoritnya adalah memberikan tendangan penalti kepada tim yang diuntungkan.

3. Joseph Odartei Lamptey

Sumber: