Selain Diwisuda, Lulusan FEB UPS Dibekali Sertifikasi Kompetensi dan Profesi

Selain Diwisuda, Lulusan FEB UPS Dibekali Sertifikasi Kompetensi dan Profesi

Yudisium FEB Universitas Pancasakti Tegal--

RADAR TEGAL — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) tidak hanya membekali mahasiswanya dengan ijazah. Namun juga dengan sertifikasi kompetensi dan profesi. 

Sebab, pada 2030 Indonesia diprediksi akan menempati peringkat ketujuh ekonomi terbesar di dunia. Sementara, salah satu yang perlu disiapkan adalah sumber daya manusia yang kompeten.

FEB UPS sendiri membekali mahasiswa dengan Sertifikasi Brevet AB, BNSP tentang pendamping kewirausahaan, bisnis digital, perencana keuangan, dan lainnya. Selan itu, dibekali Microsoft Internasional dan kemampuan berbahasa internasional serta berkemampuan adaptif, dengan mendatangkan banyak narasumber dari luar negeri.

“IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi hanya akan mengantarkan Anda pada panggilan kerja. Ketika wawancara, Anda akan ditanya apa sih kompetensi Anda,” kata Dekan FEB UPS Dr Dien Noviany Rahmatika SE MM Ak CA.

BACA JUGA: 45 Sekolah Unjuk Kemampuan di Pancasakti Islamic Festival, 15 Grup Juga Bersaing

Dirinya menyampaikan hal itu, dalam acara Yudisium Jenjang Sarjana Periode Gasal Tahun Akademik 2023/2024 di Kampus II UPS, Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (23/4). Yudisium itu, diikuti 109 mahasiswa yang merupakan calon wisudawan Program Studi (Prodi) S1 Manajemen dan Prodi S1 Akuntansi. Mereka terdiri dari 78 calon wisudawan Prodi Manajemen dan 31 calon wisudawan Prodi Akuntansi. 

Untuk wisudawan terbaik Prodi Manajemen Kamila Najwa Putri dengan IPK 3,67 dan Prodi Akuntansi Listia Sukmawati dengan IPK 3,65. FEB adalah fakultas terbesar di UPS karena memiliki 2.104 mahasiswa dengan Program Studi Manajemen, Akuntansi, Manjemen Perpajakan, dan Bisnis Digital.

“Tantangan ke depan membuat FEB harus terus bebenah. Internasionalisasi dan penguatan akademik adalah kunci di akreditasi unggul,” ucap Dien.

Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum menyampaikan selamat dan sukses kepada para calon wisudawan. Serta mengucapkan terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan FEB sebagai kawah candradimuka untuk pendidikan anak-anaknya. 

BACA JUGA: Belajar Jurnalistik Dasar, 24 Mahasiswa UPS Tegal Berlatih Menulis Berita Langsung dari Wartawan

"Yudisium ini merupakan titik awal. Banyak pekerjaan rumah yang menanti," katanya.

Melalui pendidikan di FEB, kata Taufiqullah, mahasiswa mendapatkan bekal ijazah dan sertifikat kompetensi dan profesi. Sehingga, lulusan FEB tidak hanya berliterasi ekonomi, namun juga digital. 

"Kami mengapresiasi FEB yang membekali mahasiswanya dengan sertifkasi kompetensi dan profesi. Ini bagus sekali dan agar dipertahankan,” ungkap Taufiqulloh. (*)

Sumber: