Tips Meningkatkan Performa Rem Kendaraan dengan Kelebihan Selang Rem Rajut

Tips Meningkatkan Performa Rem Kendaraan dengan Kelebihan Selang Rem Rajut

Tampilan yang menarik dan sporty merupakan kelebihan selang rem rajut yang dimiliki salah satu merk yaitu Hel Performance Product.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Sistem pengereman merupakan komponen vital dalam sebuah kendaraan, bertanggung jawab atas keselamatan pengemudi dan penumpang. Kinerjanya yang optimal memastikan kendaraan dapat berhenti dengan cepat dan aman dalam berbagai situasi disinilah kelebihan selang rem rajut berperan lebih. 

Untuk menunjang performa rem yang maksimal, penggunaan komponen berkualitas tinggi menjadi kunci utama. Salah satu komponen yang sering diabaikan namun memiliki peran penting adalah yang pasti kelebihan selang rem rajut ini.

Berbeda dengan selang rem karet biasa yang umumnya terbuat dari karet sintetis, kelebihan selang rem rajut menawarkan beberapa keunggulan signifikan yang membuatnya unggul dalam meningkatkan performa pengereman. 

Dibuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama, seperti anyaman kawat baja atau serat Kevlar, kelebihan selang rem rajut mampu memberikan berbagai manfaat yang tak tertandingi oleh selang rem karet biasa.

BACA JUGA: Begini Keunggulan Honda Jazz RS Facelift 2024, Perubahan Terbaru yang Menggebrak Pasar Otomotif Indonesia

1. Ketahanan tekanan tinggi yang luar biasa

Tekanan tinggi dari minyak rem merupakan faktor krusial dalam menghasilkan pengereman yang pakem dan responsif. Selang rem karet biasa, dengan struktur yang lebih lemah, rentan mengalami pemuaian atau bahkan pecah saat terkena tekanan tinggi, terutama pada kondisi pengereman darurat atau penggunaan rem secara berulang dalam waktu singkat. 

Hal ini dapat berakibat fatal, karena dapat menyebabkan hilangnya tekanan hidrolik pada sistem rem dan berujung pada kegagalan pengereman.

Di sinilah kelebihan selang rem rajut ditunjukkan. Kekuatan tarik dan ketahanan tekan yang luar biasa dari anyaman kawat baja atau serat Kevlar memungkinkan selang rem rajut untuk menahan tekanan tinggi dari minyak rem dengan lebih optimal.

Hal ini memastikan transfer tenaga yang efisien dari pedal rem ke kaliper rem, menghasilkan pengereman yang lebih pakem dan responsif, bahkan dalam kondisi ekstrem.

BACA JUGA: Kapan Waktu Kuras Oli Matic? Catat Ketentuannya, Jangan Sampai Telat Ganti

2. Fleksibilitas tinggi untuk pergerakan yang bebas

Meskipun terbuat dari bahan yang kokoh, selang rem rajut tidak kaku dan tetap memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini memungkinkan selang untuk mengikuti gerakan suspensi kendaraan dengan baik, tanpa mengganggu performa pengereman.

Fleksibilitas ini menjadi sangat penting saat kendaraan melewati medan yang tidak rata atau bergelombang, memastikan pengereman yang stabil dan aman di segala kondisi jalan.

Sumber: