Mau Beli HP Baru Sesuai Budget? Kenali 5 Kelas Smartphone yang Ada di Pasaran

Mau Beli HP Baru Sesuai Budget? Kenali 5 Kelas Smartphone yang Ada di Pasaran

Ilustrasi. Beli HP baru sesuai budget-freepik-

RADAR TEGAL – Jika Anda berniat beli HP baru sesuai budget, setidaknya harus paham dulu kelas-kelas smartphone yang ada di pasaran saat ini. Sebab, beda kelas smartphone beda juga harga dan spesifikasi yang ditawarkannya.

Beli HP baru sesuai budget tidak bisa asal-asalan apalagi digunakan untuk kebutuhan setiap hari. Entah itu untuk urusan pekerjaan, menjalankan hobi, sampai urusan hiburan semata sekalipun.

Cara beli HP baru sesuai budget yang paling pertama yang harus diketahui yaitu dengan memahami kelas smartphone yang ada. Mulai dari kelas low end, mid range, menengah ke atas, high end atau premium, sampai flagship atau luxury.

Maka dari itu, simak di bawah cara beli HP baru sesuai budget berdasarkan kelas smartphone yang ada. Pastikan Anda menyimak ulasannya agar tidak salah pilih dan menyesal.

Beli HP baru sesuai budget

Tiap pengguna pasti menginginkan kualitas HP yang canggih namun dengan harga terjangkau. Namun, semua itu sudah ditentukan dari pabrik karena ‘ada harga ada kualitas’. Maka dari itu, pahami dulu kelas-kelas smartphone yang ada berdasarkan harga jualnya.

BACA JUGA : Punya Chipset Snapdragon Tangguh, Ini 3 Rekomendasi Hp RAM 8GB Terbaik Budget Tipis

1. Kelas low end (kisaran harga Rp1-2 jutaan)

Smartphone yang dijual di bawah Rp2 juta atau kisaran Rp2 jutaan termasuk kelas smartphone low end. Biasanya kamera smartphone kelas ini hanya satu modul dengan lensa lebar, serta image sensor kecil.

Ukuran image sensor dan bukaan yang kecil pada kelas ini tentu menghasilkan kualitas foto dan video yang kurang baik. Prosesor atau chipset yang digunakan juga tidak begitu cepat, terutama untuk main game maupun kebutuhan fotografi.

2. Kelas mid range (kisaran Rp2-5 jutaan)

Jika ingin beli HP baru sesuai budget kisaran Rp2 juta sampai Rp5 jutaan maka itu berarti masuk kelas smartphone mid range. Biasanya modul kamera yang dimiliki hanya 2.

Kamera utamanya memiliki image sensor lebih besar dibanding kelas low end. Ada juga modul kamera tambahan dengan lensa ultra wide.

BACA JUGA : 5 Pilihan Menarik HP Tahan Air Terbaru 2024, Menawarkan Ketangguhan dengan Performa Unggulan

Sumber: