Sisihkan Uang Saku, Siswa SMP di Brebes Ini Bagikan Ratusan Sembako

Sisihkan Uang Saku, Siswa SMP di Brebes Ini Bagikan Ratusan Sembako

Sejumlah tukang becak saat menerima paket sembako dari siswa SMP N 1 Brebes yang menyisihkan uang sakunya.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sejumlah siswa SMP Negeri di Kabupaten Brebes rela mwnyisihkan uang saku untuk berbagi dengan warga yang kurang mampu. Selama bulan puasa ini, siswa SMP N 1 Brebes ini menyisihkan uang saku yang dikumpulkan untuk membeli paket sembako kemudian dibagikan. 

Sedekah tersebut diakomodir oleh pihak sekolah yang mulai dikumpulkan selama 17 hari masuk sekolah di bulan Ramadan. Dari sedekah siswa SMP itu, terkumpul uang sebanyak Rp 28,5 juta yang dibelanjakan untuk membeli sembako kemudian dibagi.

Sedikitnya 200 paket sembako dibagikan kepada para tukang becak, tukang sampah, dan driver ojek online. Secara langsung, puluhan siswa tersebut langsung membagikan sembako itu di depan sekolah mereka yang berada di Jalan Jenderal Soedirman Kota Brebes.

Masing-masing paket sembako berisi beras, minyak, mie instan, gula dan lainnya dengan nilai Rp135 ribu per paket. Pembagian paket sembako mendekati Hari Raya Idul Fitri ini merupakan tahun kedua yang dilakukan siswa SMP Negeri 1 Brebes. 

BACA JUGA: Pemkab Brebes Gelar GPM untuk THL, Siapkan 400 Paket Sembako Murah

"Kita merasa senang ada orang yang sedang kesusahan, kita bantu. Jadi kita senang. Semua siswa berpartisipasi. Kita menyisihkan uang saku setiap hari," ungkap Ketua OSIS SMP Negeri 1 Brebes Natasyh Olivia usai pembagian paket sembako, Sabtu 6 April 2024.

Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Darma Suhaeri mengatakan, pembagian ini dikadung maksud untuk meringankan warga yang kurang mampu dalam menyambut hari Lebaran. Kegiatan ini merupakan program dari siswa sebagai ganti kegiatan ponggol gratis yang setiap hari dibagikan. 

"Karena bulan puasa, kita tidak membagikan ponggol. Jadi diganti sedekah selama bulan puasa ini. Sedekah ini sukarela, seikhlasnya. Selama 17 hari ini mendapatkan Rp28,5 juta yang dibelanjakan paket sembako," jelasnya. 

Yang tidak kebagian sembako, kata dia, pihaknya juga menyiapkan sejumlah uang yang dibagikan kepada mereka yang antre. Namun, untuk tahun depan pihaknya akan menyiapkan paket sembako lebih banyak. Hal ini agar semua orang yang membutuhkan bisa terbantu. 

BACA JUGA: 800 Paket Sembako Murah di Brebes Diserbu Warga

"Ini adalah untuk pembelajaran anak-anak, bahwa dalam keadaan sesulit dan sesempit apapun kita, jangan takut bersedekah," pungkasnya. (*)

Sumber: