Ketahui Mitos Telaga Menjer Wonosobo sebagai Tempat Pesugihan dan Penyembuhan Penyakit

Ketahui Mitos Telaga Menjer Wonosobo sebagai Tempat Pesugihan dan Penyembuhan Penyakit

Mitos Telaga Menjer.--

RADAR TEGAL – Seperti yang Anda ketahui bahwa daerah Dieng, Wonosoba, Jawa Tengah sepertinya tidak kehabisan tempat indah, salah satunya Telaga Menjer. Berikut ini mitos telaga menjer yang perlu Anda ketahui.

Tahukah Anda bahwa di balik keindahan Telaga Menjer di Wonosobo, rupaya terdapat sebuah mitos Telaga Menjer yang menyelimutinya, salah satunya dijadikan sebagai tempat pesugihan.

Terletak di Desa Maron, kecamatan Garung, Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo, dapat Anda tempuh dengan jarak sekitar 8 kilometer. Berikut ini mitos Telaga Menjer.

Telaga Menjer diketahui menjadi danau yang terluas di antara danau-danau lainnya yang berada di Dieng dengan kedalaman capai 45 meter. Berikut mitos Telaga Menjer Wonosobo.

BACA JUGA: Mitos Objek Wisata Baturaden di Purwokerto yang Menjadi Daya Tarik, Ada Pancuran yang Bisa Bawa Keberuntungan

Dahulu, Telaga Menjer terbentuk karena letusan Gunung Pakuwaja. Sedangkan untuk kehidupan sehari-hari dimanfaatkan oleh warga sebagai PLTA.

Tahukah Anda bahwa tidak sedikit orang berpendapat apabila Telaga Menjer ini hampir mirip dengan danau Bedugul yang terdapat di Bali.

Telaga Menjer diketahui mempunyai nuansa alam yang tenang dan sari. Konon katanya, telaga ini sebuah danau yang cukup luas yang terletak di kaki pegunungan Dieng.

Berada diketinggian cukup tinggi,suhu di tempat ini cukup sejuk dengan rata-rata 22 hingga 27 derajat celcius.

BACA JUGA: 4 Mitos Tanaman Bambu Kuning yang Masih Dipercaya, Katanya Bisa Menarik Jodoh dan Penolak Bala

Kemudian, untuk sejarahnya Telaga Mener terbentuk dari dampak letusan Gunung Pakuwaja di kawasan Dieng yang dahulu masih aktif.

Menurut informasi  yang beredar, kontur Telaga Menjer mempunyai bentuk kerucut,  yang mana semakin dalam bentuknya maka semakin lancip.

Diketahui, sebelum terjadi  letusan gunung berapi tersebut, tempat yang satu ini hanya sebuah mata  air  kecil.

Telaga Menjer semain membentang luas jauh lebih dalam karena telah dibangun bendungan yang dikelola oleh perusahaan Pembangkit Listrik.

BACA JUGA: Berikut 4 Mitos Larangan Menjelang Waktu Maghrib, Jangan Sampai Dilanggar!

Bendungan Telaga Menjer kabarnya sudah terdapat dibangun sejak zaman penjajahan Belanda, meskpun sebuah bangunan bersejarah yang berusia cukup lama.

Namun hinggga kini bendungan ini masih berdiri kokoh dan masih berfungsi sampai sekarang.

Akan tetapi, di balik keindahan dan ketenangannya, Telaga Menjer menyimpan banyak mitos dengan kesan misteri.

Namun, Telaga Menjer sendiri konon muncul dari dua nama desa yang berada di lokasi tersebut yakni Desa Telogo dan Desa Menjer.

BACA JUGA: Legenda dan Mitos Kedung Lele di Wonogiri, Ternyata Sosok Penunggunya Adalah Ini

Awalnya, telaga ini merupakan sebuah danau vulkanik yang pada zaman sebelum kemerdekaan dan menjadi sebuah telaga rujukan terapi trauma bagi warna sipil Belanda yang menjadi tahanan sipil Jepang.

Tak sampai disitu, terdapat sebuah cerita mengenai keberadaan sebuah gua yang berada di bagian barat Telaga. Masyarakat menyebut gua  tersebut dengan sebutan Songkamal.

Gua tersebut cukup  tersembunti karena tertutup oleh tiga batu besar  yang menyatu dengan pohon besar yang berada di lokasi tersebut.

Konon katanya, apabila batu besar tersebut  diangkat maka akan terlihat mata air  yang berada  di dalam lekukan seperti sebuah bar  yang luasnya  kurang lebih 3  meter persegi.

BACA JUGA: Mitos Gili Tugel di Kota Tegal, Saksi Pertempuran Dua Saudara Seperguruan Karena Prinsip dan Kesetiaan

Diketahui, banyak pengunjung yang sengaja datang ke  gua tersebut hanya untuk meminum air  yang  berasal dari mata air tersebut karena dipercaya bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Mitos Telaga Menjer Wonosobo sebagai Tempat Pesugihan

Tahukah Anda bahwa terdapat mitos yang beredar mengenai Telaga Menjer Wonosobo, lho. Salah satunya yakni dijadikan sebagai tempat pesugihan.

Diketahui, dahulau pernah ada seorang laki-laki mencari pesugihan. Ia minta diantarkan ke tengah Telaga Menjer. Hingga sampai di tengah telaga, lelaki tersebut bercermin di air. Akan tetapi, di air tersebut diketahui muncul bayangan orang yang harus menjadi tumbal pesugihannya.

Ternyata, bayangan yang muncul adalah Ibunya. Sehingga, laki-laki tersebut  pun membatalkan niatnya. Ketika sampai di rumah, Ibunya sudah pingsan dan kritis. Berutungnya, sang Ibu segera  sadar dan sehat kembali.

BACA JUGA: Dihuni Sosok Penunggu Sakti, Ini Mitos Waduk Malahayu Brebes yang Terjaga Selama Berabad-abad

Demikian ulasan mengenai Mitos Telaga Menjer Wonosobo. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: