Pemudik Wajib Waspada, Ini Titik Rawan Macet di Tegal

Pemudik Wajib Waspada, Ini Titik Rawan Macet di Tegal

TITIK MACET - Kasat Lantas Polres Tegal AKP Wendi Andranu SIK didampingi Kasi Humas menjelaskan titik rawan macet di Tegal kepada awak media.--

RADAR TEGAL — Jajaran Satlantas Polres Tehal telah melakukan Berbagai persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2024. Persiapan itu, antara lain, melakukan survei jalur mudik, pemetaan titik rawan macet, rekayasa jalur alternatif di Kabupaten Tegal, penyiapan pos hingga penyiagaan tim urai kemacetan.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasat Lantas AKP Wendi Andranu SIK mengatakan, untuk jalur mudik telah dipetakan dalam 4 jalur, tol, Arteri Pantura, tengah, dan selatan. Sedangkan titik rawan macet di Kabupaten Tegal, ada beberapa area trouble sport, yakni jalan raya Adiwerna karena adanya pasar Banjaran dan Pasar Sentral. 

"Sedangkan titik rawan macet di jalur selatan Kabupaten Tegal ada di lokasi Underpass Prupuk dan fly over Klonengan. Di mana merupakan persimpangan tiga arus dari Tegal, Brebes dan Banyumas," cetusnya.

Menurutnya dua titik rawan macet di Kabupaten Tegal menjadi perhatian Polda Jawa Tengah. Sehingga sempat dilakukan pengecekan oleh Dirlantas Polda Jawa Tengah. 

BACA JUGA: 2 Pasar Tradisional di Brebes Rawan Macet, Ini Penyebabnya

"Ada juga titik kemacetan lainnya di Simpang Tiga Yomani yang perlu di waspadai. Jalur ini kerap terjadi kemacetan karena merupakan jalur wisata ke Guci," ungkapnya.

Menurut AKP Wendi, soal jalur alternatif, pihaknya juga telah menyiapkan rekayasa di jalur alternatif Jatinegara. Yakni, menghubungkan dengan Kabupaten Pemalang dan Purbalingga. 

"Selain itu, ada jalur alternatif Bojong yang tembus ke Moga Pemalang dan Purbalingga. Guna pengamanan arus mudik, kami menyiapkan sejumlah pos baik di res area, exit tol Adiwerna, Lik di jalan Arteri Pantura dan pengamanan wisata di Guci serta Purin," sebutnya.

Selanjutnya, kata AKP Wendi, untuk Posyan rest area ada di empat rest area. Kemudian 2 pos terpadu di exit tol dan pantura pos lik, serta pos wisata Guci, Cacaban dan Purin, tegasnya.  

BACA JUGA: 4 Daerah Rawan Macet di Kabupaten Tegal, Hati-hati Melintas saat Libur Nataru

"Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan stagnan, kami akan menyiagakan Tim Urai yang akan bersiaga di Jalur Pantura, jalur tengah dan jalur obyek wisata Guci. Tim Urai akan diperkuat oleh regu strong point," terangnya.

AKP Wendi menambahkan, ada instruksi dari Polda Jawa Tengah untuk menekankan penghematan dalam pembangunan pos. Namun nanti diperkuat penempatan personel termasuk di titik rawan macet ada personel petugas kepolisian sebagai tim strong point.

Demikian informasi terkait adanya titik rawan macet di Kabupaten Tegal. Sehingga, patut diswaspadai para Pemudik yang melintas. (*)

Sumber: