Gedung Perpustakaan Jateng Diperluas, Ternyata Ini Tujuannya

Gedung Perpustakaan Jateng Diperluas, Ternyata Ini Tujuannya

Pj Gubernur Jawa Tengah meninjau koleksi buku di perpustakaan Jateng--

RADAR TEGAL - Gedung perpustakaan Jawa Tengah (Jateng) bakal mengalami perluasan bangunan. Itu, menyusul setelah dilakukannya groundbreaking oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana melakukan Selasa, 26 Maret 2024. 

Saat ini, Gedung Perpustakaan Jateng yang berada di Jalan Sriwijaya No.29a Kota Semarang ini memiliki tiga lantai. Dengan total luas 3.000 m².

Pembangunan gedung Gedung perpustakaan Jateng bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional dan APBD Provinsi tahun anggaran 2024. Dengan total nilainya Rp4,599 miliar.

Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana menyampaikan, dengan pembangunan yang saat ini dilaksanakan, akan ada tambahan luasan 1.175 meter persegi. Pembangunan perluasan gedung perpustakaan Jateng ditargetkan selesai pada September 2024.

BACA JUGA: Dorong Peningkatan Ekosistem Halal Melalui Penguatan UMKM, Ini yang Dikatakan Pj Gubernur Jateng

"Dari sinilah tempatnya untuk belajar, juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, memantapkan dan menambah wawasan. Itulah kemudian kami perlu mengembangkan perpustakaan ini," jelas Nana.

Menuruynya, dengan perluasan ini, koleksi buku yang dimiliki akan bisa lebih banyak. Jika saat ini memiliki lebih dari 130.000 judul buku, nantinyanditargetkan bisa menambah koleksi 5.000 judul buku per tahun. 

Nana mengungkapkan, perluasan ini juga seiring dengan banyaknya jumlah pengunjung. Di mana pada 2023, ada 239 ribu lebih pengunjung offline dan 3 juta pengunjung online per tahun. 

Nana menambahkan, pihaknya berharap dengan pembangunan ini akan semakin menarik masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan Provinsi Jateng. Sehingga, literasinya pun akan semakin meningkat.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Tinjau Banjir di Jepara dan Demak: Tanggul-tanggul yang Ada Akan Dievaluasi

"Kita tentu berharap gedung akan menjadi perpustakaan Jateng yang skalanya mungkin nanti bukan hanya lokal. Tetapi bertaraf nasional," pungkasnya. (*)

Sumber: