Pekerjaan Selesai, Hasil Program TMMD di Kabupaten Tegal Diserahkan ke Pemkab

Pekerjaan Selesai, Hasil Program TMMD di Kabupaten Tegal Diserahkan ke Pemkab

SERAH TERIMA - Kasdim menyerahkan naskah berita acara hasil TMMD tahap I kepada kepala Dinas Permades. Serahkan Hasil Program TMMD di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Pelaksanaan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahap I yang dipusatkan di Desa Pedagangan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal telah selesai. Hasil pekerjaan kemudian diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal.

Penyerahan hasil TMMD di Kabupaten Tegal dilaksanakan Rabu 20 Maret 2024. Ditandai dengan penyerahan berita acara dari Dandim 0712/ Tegal yang diwakili Kasdim Mayor Inf Nurohmat SAg kepada Pemkab yang diwakili kepala Dinas Permades Teguh Mulyadi.

Sebelumnya, dalam apel penutupan program TMMD di Kabupaten Tegal, Pangdam IV/ Diponegoro dalam sambutannya yang dibacakan Kasdim mengatakan program TMMD telah dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade. Itu, merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah.

"Program TMMD adalah upaya membantu Pemerintah Daerah. Utamanya dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagimasyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil," katanya.

BACA JUGA: Anggarannya Rp469 Juta, TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Kabupaten Tegal Dibuka

Kepala Dinas Permades, Teguh Mulyadi menyatakan khusus untuk TMMD ini kita akan membagi dua tahapan. Yakni persiapan dan pelaksanaan. 

"Untuk pelaksanaan TMMD tahap I pada 20 Frebuari 2024 lalu. Persiapannya kami lakukan sejak 25 Januari 2024, dengan harapan saat ramadan pengerjaan fisik bisa kelar," ujarnya.

Selanjutnya, pelaksanaan program TMMD akan dibagi menjadi IV tahap dan menyambangi 4 desa. Tahap I menyambangi Desa Pedagangan Kecamatan Dukuhwaru dan sudah kelar hari ini, tahap II Desa Kesamiran Kecamatan Tarub.

"Kemudian pada tahap III Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng. Serta tahap IV Desa Wangandawa Kecamatan Talang," cetusnya.

BACA JUGA: TMMD Sengkuyung di Kota Tegal Rampungkan Salutan Air Sepanjang 166 Meter

Teguh menambahkan, total gelontoran anggaran untuk mendukung program TMMD tahun ini sebesar Rp1,8 Miliar. Bersumber dari APBD II Kabupaten Tegal dan APBD I Provinsi Jawa Tengah.

"Untuk program Karya Bhakti TNI tahun ini terbagi menjadi dua yakni karya bakti pedesaan dan perkotaan. Untuk pedesaan terbagi 2 tahap, dan perkotaan terbagi dalam 3 tahap," ungkapnya.

Menurut Teguh, Karya Bakti perdesaan tahun ini untuk tahap I akan menghampiri Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna dan tahap II Desa Kertayasa Kecamatan Kramat. Untuk Karya Bakti perkotaan tahap I Desa Kambangan Kecamatan Lebaksiu, tahap II Desa Harjosari Lor Kecamatan Adiwerna, dan tahap III Desa Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru. 

"Untuk Karya bakti perdesaan disiapkan anggaran sebesar Rp520 Juta. Sedangkan untuk karya bakti perkotaan disiapkan anggaran sebesar Rp780 juta," tegaskan.

Sumber: