Tarhim Bersama Pj Bupati Tegal Putaran Pertama Digelar di Desa Jatilawang

Tarhim Bersama Pj Bupati Tegal Putaran Pertama Digelar di Desa Jatilawang

Pelaksanaan tarhim bersama Pj Bupati Tegal putaran pertama--

RADAR TEGAL - Pj Bupati Tegal Agustyarsah bersama jajajaran Forkompida melaksanakan agenda putaran pertama tarwih silaturahim (tarhim). Kegiatan yang dilakukan di Masjid AlFalah Desa Jatilawang Kecamatan Kramat digelar pada Rabu 13 Maret 2024 malam.

Pada kegiatan tarhim bersama Pj Bupati Tegal, kesempatan kali ini turut digelonotrkan santunan untuk yatim dhuafa oleh Baznas. Sebagai media menjalin kedekatan silaturahmi dengan masyarakat dan pemerintah daerah. 

Dalam kesempatan tarkhim bersama putaran pertama ini Pj Bupati Tegal mengajak orang mampu agar mau berzakat dan berinfaq melalui Baznas. Sehingga manfaatnya dirasa oleh daerah yang banyak warga miskinnya.

"Ketimpangan ekonomi dengan adanya desa yang banyak dihuni kaum fakir miskin dapat diatasi. Dengan cara berdonasi melalui Baznas agar ketimpangan tersebut bisa diminimalisir," katanya.

BACA JUGA: Pantau Harga Sembako di Brebes, Pj Bupati Blusukan ke Pasar Jatibarang

Selain santunan, turut diserahkan santunan yatim untuk 100 anak dan sekaligus bantuan untuk rehab masjid Al Falah sebesar Rp20 juta.

Waka IV Baznas H Safiq Zuhri menyatakan zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim. Apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan.

 "Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf)," cetusnya. 

Sesuai rencana tarhim yang dilakukan Pj Bupati Tegal akan dilakukan dalam 7 putaran selama bulan ramadan ini. Safiq juga menyatakan zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang" 

BACA JUGA: Tingkatkan Skill Generasi Muda Desa, Rumah Zakat Kebandingan Tegal Beri Kursus Gratis Bersertifikat

"Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah. Membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)," ungkapnya. (*)

Sumber: