Tips Menjalani Puasa Lancar dengan Penuh Aktivitas hingga Azan Maghrib

Tips Menjalani Puasa Lancar dengan Penuh Aktivitas hingga Azan Maghrib

RAMADHAN 2024- Berbuka puasa secukupnya dalah salah satu tips menjalani puasa lancar.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Puasa di bulan Ramadhan merupakan momen istimewa bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Namun, kesibukan sehari-hari tak jarang menjadi hambatan untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar perlu untuk mengetahui tips menjalani puasa lancar.

Tips menjalani puasa lancar amat sangat berguna dikala kita sedang berpuasa. Selain bermanfaat untuk mendukung ibadah puasa kita seharian, dapat juga membantu menjaga kesehatan kita selama puasa.

Bagi kamu yang ingin tetap aktif dan produktif di bulan Ramadhan, kami telah merangkum beberapa tips menjalani puasa lancar untuk siap menghadapi hari-hari.

Berikut ulasan mengenai beberapa tips menjalani puasa lancar yang bisa diterapkan agar puasamu berjalan tanpa hambatan. Pastikan simak artikel ini sampai akhir yaa.

BACA JUGA: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 untuk Wilayah Tegal, Lengkap dengan Tips Berbuka yang Sehat

1. Persiapan matang

Kunci utama untuk tips menjalani puasa lancar adalah persiapan matang. Tak hanya persiapan mental dan spiritual, kamu juga perlu mengatur jadwal harian agar lebih teratur dan seimbang. 

Pertimbangkan untuk mendelegasikan beberapa tugas yang tidak terlalu penting agar kamu memiliki waktu cukup untuk beristirahat dan beribadah.

2. Sahur sehat dan bergizi

Sahur menjadi waktu penting untuk mengisi energi tubuh sebelum berpuasa selama seharian penuh. Tips menjalani puasa lancar salah satunya pilihlah makanan sahur yang kaya protein, serat, dan karbohidrat kompleks seperti telur, daging ayam, ikan, oatmeal, roti gandum, dan buah-buahan. Hindari makanan tinggi lemak dan gula yang dapat menyebabkan rasa kantuk dan lemas di siang hari.

3. Menjaga asupan air putih yang cukup

Dehidrasi dapat menjadi salah satu faktor utama yang mengganggu kelancaran puasa. Pastikan kamu minum air putih yang cukup selama periode sahur hingga berbuka. Minumlah air secara bertahap dan hindari minuman bersoda atau berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.

BACA JUGA: Kedai Radar Tegal, Tawarkan Sensasi Berbuka Puasa dengan Menu Lezat yang Hemat

4. Menjaga kadar gula darah

Sumber: