Banjir Losari Brebes Surut, Giliran Warga Keluhkan Pegal dan Gatal-gatal

Banjir Losari Brebes Surut, Giliran Warga Keluhkan Pegal dan Gatal-gatal

Warga korban banjir di Desa Bojongsari mengeluhkan gatal-gatal dan pegal-pegal.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Banjir delapan desa di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Kamis 7 Maret 2024 sudah surut. Sejumlah warga mengeluh gatal dan pegal-pegal.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah warga nampak sejak pagi tadi melakukan beres-beres rumah mereka. Mereka, melakukan beres-beres rumah dari lumpur bekas banjir di Losari Brebes yang menggenangi rumah.

Salah seorang warga Desa Bojongsari, Rasiti (70) mengaku, pasca banjir di Losari Brebes, kini dirinya mengalami gatal-gatal dan pegal-pegal. Walapun sudah ada posko kesehatan, dirinya mengaku masih merasakan pegal dan gatal pascabanjir ini.

"Tangan pada pegal-pegal tadi habis beres-beres rumau yang terendam. Dan kaki mulai eranga (kutu air, Red)," ujarnya saat ditemui usai menerima bantuan makanan siap saji di balaidesa setempat.

BACA JUGA: 3 Tanggul Sungai Cisanggarung Brebes Jebol, 775 Kepala Keluarga Kebanjiran

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Bojongsari Rudi Sugiarto mengatakan, saat ini warga yang terdampak bencana banjir sudah kembali ke rumah masing-masing. Sejak tadi pagi, kata dia, warga melakukan beres-beres rumah dari lumpur sisa banjir.

"Memang sejak kemarin warga sudah ada yang pulang dari tempat pengungsian. Dan saat ini mereka baru selesai beres-beres rumah," terangnya.

Rudi menjelaskan, saat ini masyarakat membutuhkan bahan makanan dan makanan siap saji. Apalagi, dibeberapa pedukuhan semua alat perlengkapan memasak dan lainnya ikut terendam.

"Untuk kesehatan tadi pagi sudah ada pengecekan dari puskesmas. Kalau yang dibutuhkan bahan makanan dan makanan siap saji," dia menjelaskan.

BACA JUGA: BREAKINGNEWS! Sungai Cisanggarung Brebes Meluap, 8 Desa Tergenang Banjir Limpasan

Sementara itu, Camat Losari M. Faizin menyampaikan sejumlah bantuan masih terus berdatangan untuk masyarakat yang terdampak. Dan saat ini, dapur umum untuk keperluan makanan siap saji juga masih ada.

"Alhamdulillah tadi juga ada bantuan makanan dari Bank Jateng untuk warga yang terdampak, baik di Bojongsari ataupun di Babakan," pungkasnya.(*)

Sumber: