Perbandingan Smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3, Mana yang Lebih Unggul Kualitasnya?

Perbandingan Smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3, Mana yang Lebih Unggul Kualitasnya?

Perbandingan smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3 --

RADAR TEGAL - Mari melihat perbandingan smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3. Diantara keduanya kira- kira manakah yang lebih unggul kualitasnya?

 

Jika Anda dirasa sedang bimbang saat hendak membeli televisi baru di antara kedua brand besar yakni Samsung dan LG. Oleh karena itu wajib membaca perbandingan smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3.

 

Karena kami disini akan menjelaskan tentang perbandingan smart TV Samsung S90C supaya dapat membantu mempermudah Anda untuk memberikan keputusan yang tepat sebelum meminangnya.

 

Berikut ini perbandingan smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya mendapatkan informasi lebih jelas.

 

BACA JUGA: Harga Mulai Rp 1 Jutaan, Ini 5 Rekomendasi Smart TV TCL Terbaik yang Punya Gambar Jernih

 

Perbandingan dari segi desain

 

Sebagai dua model berkualitas sangat tinggi, kedua TV ini menampilkan desain tipis dan sangat elegan. Yang pertama dari Samsung S90C memiliki desain Laser Slim dengan tepian tak terbatas menjadikanya sebagai TV tertipis di katalog pabrikan dengan ketebalan maksimum 4,1 cm dan terdapat penyangga pusat yang mudah dipasang dan tidak memerlukan sekrup.

 

Sekarang LG OLED Evo C3 yang  memiliki desain ultra tipis dengan tepi tak terbatas dan memiliki ketebalan maksimum 4,5 cm. Meski lebih tipis, Samsung S90C lebih berat dibandingkan LG OLED Evo C3.Karena pada Samsung S90C dengan model ukuran model 55 Inchi ini memiliki bobot 18,2 kg sedangkan LG OLED Evo C3 hanya berbobot 16 kg saja.

 

Dari segi kualitas gambar

 

Dengan kecepatan refresh yang mengesankan hingga 144Hz berkat teknologi Motion Xcelerator Turbo Pro , Samsung S90C menawarkan performa luar biasa. Prosesor Kuantum Neural 4K yang dilengkapi dengan 20 jaringan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas konten apapun, meningkatkannya hingga resolusi hampir 4K. 

 

Selain itu Samsung S90C mengandalkan Quantum HDR OLED yang meningkatkan kontras dan intensitas cahaya, memastikan lebih banyak kecerahan dan detail di semua pemandangan, dari yang paling gelap hingga yang paling terang, serta dukungan untuk HDR10+ Adaptive, HDR10+ Gaming e HLG .

 

BACA JUGA: Harga dan Spesifikasi Smart TV LED LG Layar 32 Inch 32LM635BPTB, Teknologi Interaktifnya Bikin Sedekat Ini

 

Kecepatan LG OLED Evo C3 sedikit lebih kecil dari Samsung S90C yaitu 120Hz yang masih bagus untuk bermain game . Namun LG juga menawarkan serangkaian fitur lengkap untuk meningkatkan kualitas gambar dan pengalaman visual, seperti Dolby Vision , dan HDR Pro serta LGH — namun tanpa dukungan HDR10 + .

 

Berkat prosesor α9 AI 4K Gen 6 , TV ini menawarkan kontrol warna yang lebih akurat dan menggabungkan AI Brightness. Fitur ini menggunakan sensor yang mendeteksi perubahan cahaya di lingkungan dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan konten untuk beradaptasi dengan pencahayaan di ruangan, serupa dengan yang diamati pada pesaingnya.

 

Untuk lebih meningkatkan pengalaman visual, fitur Super Anti-Reflektif secara efektif mampu mengurangi gangguan visual seperti silau dan pantulan cahaya yang memungkinkan pengguna untuk berkonsentrasi penuh pada konten di layar, bahkan di lingkungan yang terang benderang.

 

Perbandingan dari segi Audio

 

Kedua TV menawarkan sistem audio dengan daya maksimum 40 W RMS dan teknologi Dolby Atmos yang memberikan pengalaman audio tiga dimensi serta menjadikan suara lebih imersif dan realistis. Namun ada beberapa perbedaan mencolok di antara keduanya.

 

Samsung S90C mendukung saluran 2.1 dan kompatibel dengan Dolby Digital Plus dengan saluran 5.1. Ini memberikan efek suara surround yang imersif di rumah Anda, dengan volume asli yang cukup tinggi dan kualitas suara yang solid. 

BACA JUGA: Smart TV LG OLED Evo C2 Resolusi 4K, Fitur Dolby Atmosnya Bikin Serasa Nonton Bioskop Mahal

Di sisi lain, LG OLED Evo C3 mendukung 2.2 saluran, konfigurasi yang cenderung memberikan kualitas suara superior, dengan kejernihan dan volume lebih besar. Dan sorotan lainnya adalah dukungan DTS ( Digital Theater System ), format audio yang dapat mereproduksi kecepatan lebih tinggi daripada Dolby.

 

Perbandingan dari segi input dan konektivitas

 

Samsung S90C terdapat empat port HDMI 2.1-nya yang semuanya memiliki kemampuan reproduksi hingga 144Hz dan menawarkan pengalaman bermain yang luar biasa bagi para Gamers On Duty. Di antara keempat port ini, satu port secara khusus ditetapkan sebagai EARC.

 

Sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk menghubungkan perangkat audio, seperti soundbar, yang juga mendukung teknologi Dolby Atmos . Selain itu, ia dilengkapi dua port USB-A untuk mengakomodasi perangkat penyimpanan eksternal, seperti pen drive atau hard drive eksternal.

 

Sementara itu, LG OLED Evo C3 juga memiliki empat port HDMI 2.1 dengan resolusi 4K — satu mendukung EARC. Semuanya menawarkan kapasitas reproduksi hingga 120 Hz yang sangat efisien untuk gaming.

Namun model LG Ini memiliki tiga port USB-A, sehingga sangat mudah untuk memasukkan perangkat penyimpanan eksternal.

 

Perbandingan Harga

 

Perbandingan Smart TV Samsung S90C dan LG OLED Evo C3 ini terdapat perbedaan dari segi harga tentunya. Jika kita lihat dari model 65 Inch Samsung S90C dibanderol sekitar Rp 34.959.000 juta di Tokopedia.Sedangkan LG OLED Evo C3 dibanderol sekitar Rp 24.950.200 juta di Tokopedia.

 

Kesimpulan

 

Jika Anda seorang penggemar game yang menyukai kecepatan refresh lebih tinggi, dan fitur seperti gaming hub untuk streaming game, Samsung S90C lebih  unggul dalam hal ini. Karena ia menawarkan pengalaman bermain game yang mendalam dan dukungan untuk preferensi hiburan Anda. 

BACA JUGA:Bikin Betah Seharian, 5 Smart TV Murah Terbaik 2024 Ini Sajikan Gambar Tontonan Mirip Aslinya

Selain itu, perlu disebutkan bahwa ia menawarkan lebih banyak kecerahan dan rentang warna yang lebih luas dalam mode HDR dan permainan dibandingkan pesaingnya. Di sisi lain, jika Anda penggemar streaming dan mengutamakan fleksibilitas serta dukungan teknologi seperti Dolby Vision , maupun kualitas suara superior dengan saluran 2.2 LG OLED Evo C3 adalah pilihan untuk Anda. 

 

Selain itu LG OLED Evo C3 menawarkan harga yang lebih murah. Namun, apapun pilihan Anda, kedua TV ini akan memberikan pengalaman bioskop di rumah yang memungkinkan Anda menikmati gambar menakjubkan dan audio imersif.

 

Nah itulah dia perbandingan Samsung S90C dan LG OLED Evo C3. Diantara keduanya mana pilihan Anda? (*)

Sumber: