1.000 Paket Sembako Murah Diserbu Pembeli, DPRD Brebes Bilang Ini

1.000 Paket Sembako Murah Diserbu Pembeli, DPRD Brebes Bilang Ini

SIMBOLIS - Anggota dewan saat menyerahkan paket sembako secara simbolis ke warga.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 1.000 ribu paket sembako murah jelang bulan puasa di gelar di Terminal Pasar Induk Brebes, Selasa 5 Maret 2024. Pasar murah tersebut kerjasama Forkopimda di Kabupaten Brebes.

Pasar murah yang kerjasama Forkopimda Brebes itu mendapat apresiasi dari anggota DPRD setempat. Yakni, anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Brebes Hariyanto.

Haryoto mengatakan bahwa ini adalah langkah nyata Pemerintah Daerah untuk memberikan akses terhadap pangan yang terjangkau kepada seluruh masyarakat. Di mana, saat ini harga sembako salah satunya beras sudah dikisaran di atas Rp15 ribu.

“Kami menyadari bahwa kondisi perekonomian kita saat ini sedang mengalami pukulan berat, dampak dari inflasi yang cukup tinggi, sehingga terjadinya kenaikan harga kebutuhan bahan pangan, yang sudah pasti sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga dan menyebabkan menurunnya daya masyarakat beli,” jelasnya.

BACA JUGA:  Harga Beras di Brebes Tinggi, Pemkab Bakal Gelar Operasi Pasar

Menyikapi fenomena tersebut, selanjutnya, memang harus ada langkah cepat dalam penanganannya. Hal ini, agar masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan pangan dengan harga yang relatif lebih murah dan terjangkau dari harga pasar.

"Dan salah satu upaya yang bisa kita lakukan tentunya dengan gerakan pangan murah ini," lanjutnya.

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto juga mengingatkan bahwa dalam gerakan pangan murah melalui Pasar Murah Bersama Forkompimda. Ini tidak hanya berbicara tentang harga pangan yang terjangkau.

“Kegiatan ini juga merupakan langkah strategis bersama dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah. Dengan mengembangkan segala potensi pertanian lokal yang ada, agar dapat mengurangi ketergantungan pada impor pangan serta memperkuat ekonomi lokal,” kata Dandim. 

BACA JUGA:  Harga Beras Masih Tinggi, Pemkab Brebes Gencarkan Program SPHP dan Gerakan Pangan Murah

“Tentunya melalui kegiatan ini hendaknya menjadi salah satu media kita dalam pengendalian inflasi pangan, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat,” tukasnya.

Salah seorang pembeli paket sembako murah Apriyani berharap, kegiatan tersebut bisa kebih sering lagi diadakan oleh Pemkab Brebes. Sehingga bisa membantu masyarakat menengah ke bawah.

“Kegiatan ini dapat meringankan beban ibu-ibu yang masih banyak kebutuhannya,” tutupnya. (*)

Sumber: