Mitos Guci Gugurnya Cinta, Benarkah Membuat Hubungan Kandas dan Bikin Jomlo?

Mitos Guci Gugurnya Cinta, Benarkah Membuat Hubungan Kandas dan Bikin Jomlo?

KETAHUI - Mitos Guci Gugurnya Cinta--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Mitos Guci gugurnya cinta menjadi salah satu mitos yang menarik untuk diketahui baik oleh masyarakat Tegal itu sendiri maupun oleh masyarakat luar. Ya sesuai dengan namanya, mitos ini kerap dipercaya sebagai sebuah kebenaran walaupun tidak masuk akal.

Mitos terjadi karena sugesti yang kita miliki pada pemikiran itu atau karena kita mempercayainya. Lalu bagaimana dengan mitos Guci gugurnya cinta yang kerap diartikan sepasang kekasih setelah berkunjung ke Guci, hubungan yang mereka jalani akan alami keretakan atau putus cinta.

Selain itu, mitos Guci gugurnya cinta berasal juga dari kepanjangan Guci yaitu gugur (gu) dan cinta (ci). Namun, perlu diingat bahwa mitos bukanlah fakta jadi hal itu belum pasti terjadi karena langgeng tidaknya sebuah hubungan semua tergantung dengan masing-masing orang.

Selain mitos Guci gugurnya cinta, Tegal juga memiliki mitos-mitos lainnya yang dipercaya masyarakat. Tentunya mitos-mitos ini ada yang percaya dan ada yang tidak percaya, selengkapnya dapat disimak di bawah ini hingga selesai.

BACA JUGA: 7 Mitos Terkenal di Tegal dan Tempat Angkernya, Ada Buaya Putih Hingga Bruncul

Mitos-mitos terkenal yang berkembang di masyarakat Tegal

1. Mitos Gugur Cinta (Guci)

Mitos adalah suatu kepercayaan yang tidak perlu dukungan ilmiah dan tidak perlu memiliki nilai objektif. Melainkan hanya butuh rasa percaya dari yang meyakini mitos ini bisa terjadi.

Setiap daerah tentunya memiliki suatu mitos yang dipercayai oleh masyarakatnya. Begitupun dengan Tegal. Salah satunya, mitos Guci gugurnya cinta.

Mitos ini berisi tentang sepasang kekasih yang sedang menjalin hubungan cinta, lalu pergi ke Guci sebelum menikah maka hubungannya tidak dapat bertahan lama. Mitos yang satu ini lebih sering didengar dan dipercayai oleh kalangan remaja. 

2. Mitos Ngalap Berkah

Ngalap berkah mungkin bagi sebagian orang yang sering berkunjung ke Guci sudah pernah mendengar mitos yang satu ini. Ya sesuai dengan namanya "ngalap berkah" yaitu mengharapkan suatu berkah.

Sesuai dengan kepercayaan, barang siapa yang mandi di pemandian air hangat Guci pada Kamis malam sekitar jam 12 dan esoknya hari Jumat Kliwon, maka permohonan apapun yang diinginkan dan kemudian dipanjatkan maka akan dikabulkan. 

Itulah seputar mitos ngalap berkah yang juga banyak dipercayai oleh masyarakat setempat atau masyarakat luar, selain mitos Guci gugurnya cinta.

Sumber: