Adu Skuter Listrik Terbaru, Honda EM1 vs Yamaha Neo's, Mana yang Terbaik?

Adu Skuter Listrik Terbaru, Honda EM1 vs Yamaha Neo's, Mana yang Terbaik?

Adu Skuter Listrik Terbaru, Honda EM1 vs Yamaha Neo's--

RADAR TEGAL - Bagi kamu yang sedang bingung memilih antara Honda EM1 vs Yamaha Neo's. Kedua skuter listrik ini memiliki kelebihan masing-masing.

Honda EM1 pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2023. Honda EM1 vs Yamaha Neo's segera banyak dibandingkan oleh para penyuka motor listrik karena mempunyai spesifikasi yang sekelas.

Dengan spesifikasinya yang mumpuni, Honda EM1 bisa menyaingi Yamaha NEO'S yang telah lebih dulu meramaikan pasar Eropa dan Vietnam. Di Indonesia, Yamaha NEO'S belum akan dijual, meskipun akan tetap hadir di IIMS 2024 nanti.

Honda EM1 vs Yamaha Neo's

Bagi kamu yang penasaran dengan perbandingan spesifikasinya, berikut adalah perbedaan Honda EM1 vs Yamaha Neo's :

BACA JUGA: Cuma 2,9 Juta, Begini Spesifikasi Motor Listrik ZPT Nimbuzz yang Dapat Subsidi Harga dari Pemerintah

Mesin dan performa

Honda EM1 memiliki motor listrik in-wheel 3 phase brushless dengan tenaga 1,7 kW, kecepatan maksimal 45 Kpj, dan torsi 90 Nm. Sementara Yamaha NEO’S dilengkapi dinamo generasi kedua YIPU electric motor air cooled, dengan tenaga 2,3 kW, kecepatan maksimal dan torsi yang lebih tinggi mencapai 138,3 Nm di 40 rpm.

Dengan demikian, Yamaha NEO’S memiliki keunggulan dalam torsi yang lebih tinggi, memberikan performa yang potensial lebih baik dalam beberapa situasi. Meskipun Honda EM1 memiliki kecepatan maksimal yang lebih rendah, namun Yamaha NEO’S mampu memberikan tenaga yang lebih besar dan torsi yang lebih tinggi.

Baterai dan Jarak Tempuh

Honda EM1 menggunakan baterai berkapasitas 50,26V 26,1Ah atau sekitar 1,3 kWh, dengan jarak tempuh hingga 41,1 km. Namun, Yamaha NEO'S memiliki baterai dengan kapasitas 51,1V 23,2Ah, dan mampu menempuh jarak hingga 72 km pada kecepatan konstan 30 kpj dengan berat pengendara 75 kg. 

BACA JUGA: Motor Listrik Terbaik di IIMS 2024, Mulai dari Kawasaki Ninja E1 sampai Rakata NX8 Siap Mengaspal di Tanah Air

Dimensi dan harga

Honda EM1 memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Yamaha NEO'S. Honda EM1 memiliki panjang 1.795 mm, lebar 680 mm, dan tinggi 1080 mm, sedangkan Yamaha NEO'S memiliki panjang 1.875 mm, lebar 695 mm, dan tinggi 1.120 mm.

Sumber: