Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Tak Perlu Bimbang dan Ragu

Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Tak Perlu Bimbang dan Ragu

Perbedaan Smart TV dan Android TV --

RADAR TEGAL - Kemunculan smart TV dan Android TV ini memudahkan para pengguna bisa menikmati siaran TV sekaligus layanan streaming online. Meskipun demikian terkadang seseorang masih bingung antara perbedaan smart TV dengan Android TV.

 

Meskipun smart TV dan Android TV sama- sama televisi pintar tapi keduanya memiliki perbedaan. Lalu apa saja saja perbedaan smart TV dengan Android TV?

 

Jika kamu penasaran perbedaan smart TV dengan Android TV artikel ini akan membahas hingga selesai. Oleh karena itu kamu mesti simak dengan baik- baik.

 

Berikut ini penjelasan perbedaan smart TV dengan Android TV. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya mendapatkan informasi lebih jelasnya.

BACA JUGA: 7 Smart TV 32 Inch Terbaik untuk Anak Kos, Harganya Murah di Bawah 2 Jutaan

Perbedaan Smart TV Dengan Android TV

 

1.Pengertian Smart TV dan Android TV 

 

Apa itu smart TV? Smart TV bisa disebut TV Internet yang menghadirkan fitur eksklusif dan program tambahan melalui konektivitas internet. Jadi Anda dapat menyambungkan smart TV ke internet secara nirkabel maupun melalui kabel Ethernet untuk mengakses konten secara online. 

 

Selain itu smart TV berjalan pada sistem operasi yang sangat mirip dengan komputer atau ponsel cerdas. Sebagian besar smart TV dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube dan lain sebagainya yang memungkinkan Anda untuk streaming film, bermain game maupun menonton video.

 

Apa itu Android TV? yakni terdapat akses ke Google Play Store, sehingga Anda dapat dengan mudah mendownload dan memperbarui aplikasi versi terbaru. Selain itu banyak Android TV yang menawarkan layanan Google Assistant dan Chromecast.

 

2.Program Aplikasi

 

Semua smart TV dilengkapi dengan aplikasi bawaan pabrikan dan terkadang menawarkan pilihan aplikasi terbatas berdasarkan OS TV. Namun untuk Android TV memiliki akses ke Google Play Store yang bisa kalian download berbagai macam aplikasi. Hal ini mencakup platform OTT, media sosial, game dan layanan khusus dioptimalkan untuk TV.

BACA JUGA: Smart TV Panasonic 32 Inch Termurah Terbaik 2024, Harga 2 Jutaan Sudah Dapat Fitur-fitur Canggih

Dengan demikian, pengguna Android TV memiliki pilihan yang lebih luas dan terkini berkat integrasi TV dengan ekosistem Google.

 

3. Dukungan Game

 

Semua smart TV yang tersedia saat ini menawarkan kemampuan dasar bermain game melalui store aplikasi asli. Namun pemilihan dan kinerjanya berbeda berdasarkan perangkat keras dan OS TV.

 

Android TV memiliki akses ke Google Play Store dan menawarkan lebih banyak pilihan game. Selain itu, Android TV biasanya mendukung konsol game dan dan platform cloud gaming seperti Google Stadia. Berkat pembaruan secara rutin, TV yang menjalankan OS Android juga lebih siap untuk menangani aplikasi game.

 

Meskipun smart TV lainnya juga dapat menjalankan game, Android TV umumnya menawarkan pengalaman bermain game yang lebih baik berkat sistem aplikasi yang lebih luas.

 

4. Asisten Suara

 

Kemudian dari segi asisten suara antara smart TV dan Android TV juga terdapat perbedaan. Karena pada fitur asisten suara Google bawaan Android TV ini lebih hebat dibandingkan dengan pesaingnya.

BACA JUGA: Mau Beli Televisi Pintar Baru? Cek 8 Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Dahulu di Sini

Karena dengan fitur asisten suara Google Anda tidak perlu lagi menggunakan perangkat input karena secara otomatis dapat beralih antar saluran dan mencari konten favorit secara online dengan kontrol suara. Walaupun smart TV juga mendukung fitur kontrol suara, tapi kemampuannya tidak sehebat Google Assistant.

 

5. Performa

 

Lalu perbedaan smart TV dan Android TV adalah dari segi performanya. Karena dalam hal ini smart TV memiliki performa kinerja lebih cepat karena antarmuka sederhana dan dioptimalkan antara hardware dan software. Sedangkan untuk Android TV lebih memiliki kinerja lebih lambat apalagi setelah beberapa tahun digunakan.

 

Nah itulah dia beberapa perbedaan smart TV dan Android TV yang kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat dan sudah gak bingung lagi yah. (*)

Sumber: