5 Penyebab Munculnya Tompel atau Bercak Hitam Pada Layar Smart TV LCD Anda

5 Penyebab Munculnya Tompel atau Bercak Hitam Pada Layar Smart TV LCD Anda

5 Penyebab Munculnya Tompel atau Bercak Hitam Pada Layar Smart TV LCD Anda--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Smart TV LCD, menjadi salah satu pilihan TV yang cukup populer bagi banyak orang lantaran memiliki banyak keunggulan. Namun, masalah yang sering timbul adalah munculnya bercak hitam pada layar TV tersebut.

Munculnya tompel atau bercak hitam pada Smart TV LCD tentu akan mengganggu pengalaman menonton. Selain itu, munculnya bercak juga membuat layar semakin kusam dan terlihat tidak jernih seperti sediakala.

Bercak hitam atau tompel pada Smart TV juga diketahui dapat menyebar luas jika tidak segera ditangani. Lantas bagaiman cara untuk mengatasi bercak hitam atau tompel yang muncul di layar Smart TV?

Mengutip dari berbagai sumber, sebenarnya jika bercak hitam pada Smart TV masih berukuran kecil ada kemungkinan untuk masih bisa diperbaiki. Namun, jika sudah membengkak menjadi lebih besar, solusi terbaik adalah dengan mengganti layar LCD.

BACA JUGA:Kelebihan Smart TV LED LG Layar 43 Inch Ultra HD 43NANO75SQA, Harga Rp7 Jutaan Bluetooth Surround Ready

Tentunya Anda tidak mau mengambil solusi yang terakhir, kerana seperti yang kita ketahui, mengganti LCD Smart TV tidaklah murah. Maka dari itu, perlu Anda ketahui penyebab Smart TV bisa terkena bercak hitam atau tompel.

Penyebab munculnya tompel atau bercak hitam pada Smart TV layar LCD

Berdasarkan beberapa sumber yang membahas topik yang sama, ada 5 penyebab yang bisa memunculkan bercak hitam atau tompel pada TV, antara lain:

1. Dead Pixel

Dead Pixel merupakan istilah yang mengacu pada piksel mati pada layar LCD. Piksel yang mati ini tidak dapat menampilkan gambar dan biasanya terlihat sebagai bintik hitam kecil yang tidak bergerak.

Penyebab utama dead pixel adalah cacat pada panel LCD, yang dapat terjadi selama proses manufaktur atau akibat kerusakan fisik pada layar. Meskipun dead pixel umumnya kecil dan tidak terlalu mengganggu, namun keberadaannya bisa mengurangi kualitas menonton.

BACA JUGA:Nonton dari Flashdisk, Berikut Ini Kelebihan Smart TV LG Layar 24 Inch Resolusi HD 24TQ520 Harga Rp2 Jutaan

2. Stuck Pixel

Stuck Pixel merupakan salah satu jenis kerusakan layar yang umum dijumpai pada Smart TV dan beberapa perangkat yang memiliki layar LCD. Pixel yang macer akan menyebabkan perubahan warna pada layar(umumnya menampilkan gambar yang sama dalam jangka waktu panjang).

Sumber: