Tak Ada Bandara di Tegal, Tapi Lokasi Ini Dulunya Jadi Lapangan Terbang Loh

Tak Ada Bandara di Tegal, Tapi Lokasi Ini Dulunya Jadi Lapangan Terbang Loh

Ilustrasi tidak ada bandara di Tegal--

RADAR TEGAL - Memang menjadi satu fakta bahwa tidak ada bandara di Tegal. Namun, mimpi untuk memiliki tempat itu telah ada sejak dulu.

Meski tidak ada bandara di Tegal, namun ada salah satu lokasi yang pernah digadang-gadang menjadi tempat pendaratan pesawat. Khususnya, pesawat-pesawat kecil yang tidak membutuhkan tempat mendarat yang lebih luas.

Tidak ada bandara di Tegal memang karena beberapa alasan. Namun, setidaknya Kota Bahari itu pernah menjadi tempat mendaratnya pesawat.

Jadi meskipun tidak ada bandara di Tegal, masyarakat di wilayah pesisir setidaknya pernah menyaksikan pesawat yang berlalu lalang di lokasi ini. Nah, bagi anda yang penasaran di mana lokasi itu, simak artikel berikut ini.

BACA JUGA: Bandara di Tegal Kok Tidak Ada? Ternyata Ini Alasan Logisnya

Alasan Tidak Adanya Bandara

1. Lahan yang Terbatas

Salah satu alasan di Tegal tidak memiliki Bandra udara adalah karena lahan yang terbatas. Seperti diketahui, untuk membuat bandara udara membutuhkan lahan dengan luas sekitar 300-400 hektare sehingga mampu menampung banyak pesawat.

Wilayah Kota Tegal yang hanya seluas sekitar 39,24 kilometer persegi tentu akan sulit menemukan lahan seluas itu untuk membuat bandara. Apalagi, sebagian besar wilayah yang ada sudah dimanfaatkan untuk pemukiman, industri, dan area publik.

2. Kondisi Georafis

Wilayah Kota Tegal yang diapit pegunungan dan laut, menjadikan luasannya terbatas. Jadi akan sulit menemukan tempat yang ideal, sehingga hingga saat ini tidak ada bandara di Tegal.

3. Alasan Lain

Faktor lain mengapa tidak ada bandara di Tegal, adalah karena bandara Jendral Ahmad Yani di Semarang Jawa Tengah. Jaraknya hanya berjarak sekitar 70 km dari Tegal. 

BACA JUGA: Kenapa Kota Tegal Tidak Dibangun Bandara? Begini Alasan Logisnya

Sumber: