7 Tips Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik, Ruangan Dingin Maksimal Tanpa Khawatir Tagihan Bulanan

7 Tips Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik, Ruangan Dingin Maksimal Tanpa Khawatir Tagihan Bulanan

Tips menggunakan AC agar hemat listrik --Freepik

RADAR TEGAL - Disaat cuaca diluar sedang panas-panasnya paling enak memang menyalakan AC supaya ruangan tetap sejuk dan bisa mengusir hawa gerah. Namun terkadang kita khawatir penggunaan AC terlalu sering akan boros listrik. Tapi kamu tak perlu lagi memikirkan hal itu karena sekarang ada tips menggunakan AC agar hemat listrik.

 

Dengan mengikuti tips menggunakan AC agar hemat listrik ini kamu tak perlu khawatir lagi akan tagihan listrik yang membengkak. Selain itu dapat mengurangi hal negatif pada lingkungan yang disebabkan penggunaan AC terlalu berlebihan.

 

Karena penggunaan AC yang berlebihan selain tagihan listrik membengkak dapat meningkatkan konsumsi energi yang memaksa pembangkit listrik untuk menghasilkan lebih banyak energi. Oleh karena itu kamu mesti tahu tips menggunakan AC agar hemat listrik yang akan kami bahas di artikel kali ini.

 

Berikut ini penjelasan selengkapnya tips menggunakan AC agar hemat listrik:

BACA JUGA: Rekomendasi 6 AC Inverter 1/2 PK Terbaik 2024, Punya Fitur 3D Surrounding Flow yang Super Dingin

Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik 

 

1.Pilih Suhu yang Tepat

 

Disarankan saat menyetel AC pada suhu minimum, terkadang orang sering sering berpikir bahwa menyetel AC pada suhu 16 derajat akan memberikan pendinginan yang lebih baik padahal sebenarnya ini salah. Karena sesuai dengan Biro Efisiensi Energi (BEE) suhu ideal untuk tubuh manusia adalah 24 derajat Celcius.

 

Jadi sebaiknya atur suhu AC sekitar 24 derajat karena ini akan lebih menghemat listrik dan juga menghemat jumlah tagihan listrik di setiap bulannya.

 

2. Matikan AC Jika Tidak Digunakan

 

Matikan AC bila tidak digunakan baik itu AC ataupun peralatan elektronik lainnya. Karena jika dibiarkan menyala terus-menerus akan berdampak mengkonsumsi lebih banyak daya listrik.

 

3. Harus Menggunakan Pengatur Waktu 

 

Hal ini penting dilakukan karena untuk menghindari penggunaan berlebihan karena saat ini semua AC telah dilengkapi dengan pengatur waktu. Jadi, lebih baik menggunakan fitur tersebut daripada menjalankan mesin sepanjang malam. 

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kondensor AC Cepat Rusak, Segera Hindari Sebelum Jadi Fatal dan Rusak Permanen

Sebaiknya setel pengatur waktu 2-3 jam sebelum tidur atau waktu lainnya. Jadi, saat Anda menyetel pengatur waktu, AC akan mati setelah waktu tertentu. Hal ini akan mengurangi penggunaan AC secara berlebihan dan juga menghemat tagihan listrik secara signifikan.

 

4. Melakukan Perawatan Secara Rutin

 

Semua peralatan elektronik memerlukan perawatan secara rutin begitu pula dengan AC. Meskipun sebagian besar produsen mengklaim bahwa AC mereka tidak perlu sering perawatan hal itu tidak sepenuhnya benar. 

 

Jadi alangkah baiknya lakukan perawatan secara rutin agar bebas dari debu maupun kotoran yang menempel. Selain itu membersihkan AC secara rutin juga dapat menghemat listrik, karena filter yang kotor harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan sehingga energi yang dikeluarkan pun akan lebih besar.

 

5. Gunakan Mode Sleep di Malam Hari

 

Terkadang ini sering diabaikan oleh sebagian orang padahal ini bisa menghemat listrik. Saat tidur gunakan mode sleep di malam hari dengan begitu AC akan bekerja lebih efisien saat kamu sedang terlelap.

 

6. Pastikan untuk Menutup Pintu dan Jendela

 

Sebelum menyalakan AC, disarankan untuk menutup setiap bukaan ruangan dengan baik. Ini akan membantu mendinginkan ruangan dengan cepat dan durasi lebih lama serta menghemat tagihan listrik Anda di akhir bulan.

BACA JUGA: 7 Cara Bikin Rumah Adem Tanpa AC, Hemat Listrik dan Sudah Pasti Ramah Lingkungan

7. Gunakan AC Inverter

 

Kemudian hal yang perlu diperhatikan ialah Anda mesti menggunakan AC tipe inverter karena memiliki kompresor yang bekerja dengan kecepatan rendah untuk mencapai suhu yang diinginkan. Jadi ketika suhu mendekati titik angka yang telah diatur, nantinya AC inverter ini akan beroperasi dengan kecepatan rendah untuk menjaga suhu konstan.

 

Sehingga dapat lebih efisien dalam menghemat energi dibandingkan dengan AC konvensional.

 

BACA JUGA: 8 AC Mini Portable Minimalis yang Cocok Banget untuk Kamar Gerah dan Sempit, Harga Mulai 300 Ribuan Abangkuh!

 

Itulah beberapa tips menggunakan AC agar hemat listrik. Yuk mulai praktekkan sekarang juga di rumah. (*)

Sumber: