9 Cara Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC, Ampuh Usir Gerah Anti Boros Listrik

9 Cara Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC, Ampuh Usir Gerah Anti Boros Listrik

Cara membuat ruangan dingin tanpa AC --

RADAR TEGAL - Saat cuaca sedang panas-panasnya pasti kita membutuhkan suatu alat untuk mendinginkannya seperti AC. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki AC, oleh karena itu kamu mesti tahu cara membuat ruangan dingin tanpa AC.

 

Cara membuat ruangan dingin tanpa AC ini terbukti mampu bisa mengusir hawa gerah. Selain itu tentunya bisa menghemat listrik karena tanpa perlu menyalakan AC.

 

Dengan mengetahui cara membuat ruangan dingin tanpa AC ini bisa jadi alternatif. Kalau begini suasana rumah terasa lebih dingin dan sejuk.

 

Lalu bagaimana cara membuat ruangan dingin tanpa AC? Berikut ini penjelasan selengkapnya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Perbandingan AC Samsung dengan AC Sharp, Mana yang Lebih Dingin Optimal dan Hemat Listrik?

1.Cabut semua elektronik yang tidak digunakan

 

Untuk yang pertama cara membuat ruangan dingin tanpa AC yakni cabut barang elektronik semua yang menempel pada stop kontak di rumah Anda yang menghasilkan panas. Karena hal ini dapat mengurangi suhu panas 1 di sekitar rumah Anda.

 

2. Matikan lampu

 

Lampu mengeluarkan sedikit panas yang berlebih apalagi jika kondisinya masih menyala di siang saat cuaca sedang panas-panasnya. Oleh karena segera matikan lampu dan cobalah beralih ke lampu LED di area yang sering digunakan.

 

Pasalnya jika masih menggunakan bola lampu tradisional ini dapat meningkatkan suhu panas sekitar 4 derajat celcius per jam di ruangan kecil.

 

3. Tutup tirai jendela

 

Menurut studi menunjukkan hingga 30 persen udara panas di luar bisa menembus ke jendela rumah. Jadi segera tutup tirai jendela Anda dari pagi hingga sore karena hal ini berpengaruh membuat ruangan 4-5 derajat celcius lebih dingin.

 

4. Mandi air dingin

 

 Jika dirasa badan terasa gerah dan lengket cobalah untuk mandi air dingin karena dapat membantu tubuh terasa tetap sejuk di saat cuaca panas.

BACA JUGA:Review AC Dinding Merk Uchida, Apakah Sesuai yang Dikatakan di Iklan?

5. Mengganti sprei

 

Cara membuat ruangan kamar terasa sejuk dan dingin kamu bisa dengan mengganti sprei dengan bahan yang lebih nyaman. Cobalah sekarang juga mengganti sprei yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat dengan baik.

 

Selain itu kamu bisa menambahkan dengan menaruh bantal soba di tempat tidur. Karena kulit soba ini memiliki ruang udara alami sehingga tidak akan menahan panas tubuh seperti bantal konvensional, bahkan ketika dipasang dengan sarung bantal.

 

6. Membuat AC alami

 

Cara membuat AC alami bisa dibilang kreatif karena kamu hanya perlu sebuah mangkuk yang diisi air dingin dan es batu lalu letakkan di bawah kipas angin. Kemudian biarkan kipas angin menyala dan menyebarkan suhu dingin ke seluruh ruangan.

 

Namun cara ini tidak bisa bertahan lama oleh karena itu sebisa mungkin kamu sering menambahkan es batu dan air dingin supaya suhu udara tetap sejuk.

 

7. Buka jendela di pagi hari

 

Membuka jendela di pagi hari juga bisa jadi cara membuat ruangan dingin tanpa AC. Karena jendela yang dibuka dapat membuat sirkulasi udara dengan mudah keluar dan masuk. 

BACA JUGA:5 Merk AC Portable Terbaik 2024, Punya Fitur Canggih dan Dinginkan Ruangan Lebih Cepat

Jadi cobalah untuk membuka jendela di pagi hari dan tutup kembali saat cuaca mulai terasa panas. Dengan begitu setidaknya kamu bisa mendapatkan suhu yang sejuk dipagi hari.

 

8.Pilih cat berwarna lembut

 

Kemudian cobalah untuk pilih cat berwarna lembut seperti hijau muda, coklat muda, krem, biru muda yang cocok diaplikasikan di ruang tamu. Dengan warna cat yang lembut dapat membantu ruangan terasa lebih sejuk.

 

9. Menanam pohon peneduh di depan rumah

 

Pepohonan maupun tanaman merupakan cara efektif untuk menghalangi masuknya sinar matahari yang panas melalui jendela. Cobalah untuk menanam pohon di depan rumah maupun tanaman diberi pot dan diletakkan di tempat yang sering terkena paparan sinar matahari.

 

Nah itulah beberapa cara membuat ruangan dingin tanpa AC. Selamat mencoba dan semoga membantu. (*)

Sumber: